3.3.13

Menyusuri Perjalanan Hidup di Natamorta

Gedung Perusahaan Gas Negara yang terletak di Jalan Braga riuh ramai malam itu, saya berkesempatan untuk menghadiri pembukaan sebuah pameran bertajuk "Natamorta - Spread the Fragments of Life and Demise". Pameran ini diadakan oleh mahasiswa-mahasiswi dari Desain Komunikasi Visual ITB itu berlangsung selama 3 hari, mulai dari tanggal 21 hingga 23 Februari 2013 kemarin. Animo masyarakat terhadap pameran ini cukup besar, karena publikasi sudah dilakukan semenjak jauh hari dan diadakan pula beberapa seminar dan workshop yang diadakan sebagai pre-event rangkaian acara Natamorta ini.

disediakan 2 jalur untuk menikmati pameran ini;
'maju' atau 'mundur'
Tema yang diusung dalam pameran ini cukup menarik, para 'calon desainer' ini mencoba mengajak kita menelusuri kehidupan, dari masa pra natal hingga menuju ke kematian; dan bahkan, kita juga bisa mencoba menelusurinya terbalik; berjalan mundur dari kematian sampai menuju titik awal kelahiran kembali. Meskipun karya-karya yang kita lihat akan sama (hanya urutannya terbalik), namun dengan skema seperti ini, kita bisa merasakan esensi yang berbeda saat menikmati pameran ini melalui jalur yang berbeda, sungguh cara yang menarik untuk menyuguhkan sebuah eksebisi!

Mahasiswa yang berpartisipasi dalam pameran ini jumlahnya cukup banyak; lebih dari 100 orang; selain itu ada juga karya delegasi dari alumni DKV ITB, dari mahasiswa jurusan lain di FSRD (Fakultas Seni Rupa dan Desain) ITB, dan bahkan karya dari mahasiswa universitas lain. Karena ini adalah pameran DKV, karya yang ditampilkan pun sangat variatif karena 'range' dari dunia Desain Komunikasi Visual sangatlah luas, apapun yang bisa 'menyampaikan' makna tertentu bisa menjadi karya, apapun media dan caranya; jadi di sini Anda bisa melihat bermacam-macam instalasi, karya tipografi, ilustrasi, buku, video, game interaktif, dan banyak lagi.

beberapa peserta pameran
Yang luar biasa adalah kekompakan para peserta pameran ini. Beberapa hari sebelum pameran dimulai, sudah beredar 'skema kuning hitam' foto teaser para peserta pameran yang menggunakan template yang sejenis; dan bahkan saat hari pameran, mereka memakai kostum yang seragam.

Selain pameran, terdapat juga spot kafe yang menjual aneka makanan dan minuman yang dirangkai secara apik dan disesuaikan dengan ambience Gedung PGN yang jadul tapi romantis.

Natamorta membuka tahun 2013 dengan suguhan karya-karya visual yang menarik, segar, dan berani. Dengan persiapan yang matang, mereka berhasil membawa karya dan nama mereka ke masyarakat luas sebagai bekal menjadi 'desainer sungguhan' kelak. Selamat atas kesuksesan kalian, Natamorta! Terus berkarya dan semoga akan muncul pameran-pameran DKV selanjutnya yang lebih luar biasa!


(Livia "Lily" Meilani)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails