1.3.13

deKUAL Craft: Cerita dari Bali


Kali ini Tobucilhandmade menyambangi Pulau Dewata Bali untuk menemui Dian, crafter yang paling bertanggung jawab terhadap karya-karya ciamik dari deKUAL Craft. Beragam karya mulai dari rajutan sampai dengan crochet bertebaran dengan penuh suka cita. Senang bermain dengan benang-benang, karya-karya yang dihasilkan oleh Dian memang seru untuk ditilik-tilik atau bahkan dipesan, hehe…

deKUAL Craft tampak banyak berkarya dengan benang-benang, mulai dari merajut sampai crochet. Apa, sih, sebenarnya yang seru dari berinovasi dengan benang-benang itu?
Serunya pas lagi ngumpulin alias belanja benang-benang trus bikin aneka produk baru dari benang-benang itu. Rasanya deg-degan dan kalau sudah jadi seneng banget. Apalagi kalo produk barunya banyak yang suka, jadi tambah semangat deh merajutnya.

Semenjak kapan, nih, sebenarnya Dian berasyik-asyik dengan handmade? Bagaimana cerita mulainya dulu?
Kalo bermain dengan handmade sih sudah suka dari duduk di bangku sekolah dulu, waktu dapet pelajaran ketrampilan. Tapi untuk bisnisnya sendiri berawal dari belanja-belanja online. Lama-lama jadi pengen ikutan juga jualan di dunia maya. Itu sekitar setahun yang lalu. Sekarang jadi aktivitas sehari-hari deh.


Apa aja, sih, karya-karya yang dibuat Dian dengan deKUAL Craft-nya?
Kalo  produk yang aku buat ada berbagai rajutan bunga, owl, bros, pouch hp, syal sampai baby needs. Kebanyakan sih aksesoris rajut untuk remaja dan ibu-ibu muda. Rajutan DeKual sich aku bikin colorful dengan mixed warna warni yang ceria.

Menurut Dian, apa, nih, hal tersulit yang kerap dialami oleh crafter? Bagaimana cara mengatasinya?
Kalo aku sendiri sebagai crafter dulu terkendala di penjualan barang. Karena banyak yang maunya murah, padahal buatnya susah. Kalau karyanya ga terjual, disana seorang crafter sering kehilangan kreatifitasnya. Coba dibandingin sama crafter yang jualannya lancar, biasanya akan semakin termotivasi untuk berkreasi dan membuat produk-produk baru yang semakin bagus. Jadi mesti sering-sering sharing sama crafter lainnya, pasti ketemu deh solusi setiap masalahnya. 


Apa, sih, makna terdalam menurut Dian dari kata “handmade itu sendiri?
Sesuai arti katanya, buatan tangan, Handmade itu berarti karya-karya yang terlahir dari tangan para crafter termasuk seniman baik yang memanfaatkan bahan-bahan kerajinan hingga bahan bekas tak terpakai hingga punya nilai jual lebih. Ya kurang lebih begitu dech..
Oh, ya. Dian dari Bali, ya? Gimana kisah pergerakan handmade di Bali? Bali, kan, daerah kreatif banget, tuh, hehehe…
Wah kalo untuk handmade memang sudah berkembang dari dulu. Bisa dilihat dari produk kerajinan dan oleh-oleh yang ada di Bali sangat beragam jenisnya. Hanya saja untuk rajutan sepertinya nggak banyak yang berkreasi gila-gilaan seperti produk handmade lainnya. Mungkin kalo sekali-sekali dibuatin even khusus rajutan pasti seru banget. Apalagi kalo bisa datengin perajut dari luar negeri yang karya-karyanya kreatif banget. Pasti bisa memotivasi para crafter rajut di Bali.


Terakhir, apa prinsip utama yang selalu menjadi pegangan Dian dalam berkarya?
Kalau pegangan dalam berkarya aku biasanya berusaha membuat rajutan yang menarik, colorful dan bisa dipakai untuk sehari-hari maupun acara khusus. Biar nantinya banyak yang menggunakan produk dari rajut sehingga perkembangan rajutan semakin baik ke depannya. Gitu aja sih…
Email. dekual@yahoo.com 
Phone085 739 348 424 (text only) 
Pin BB. 26B8F154  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails