22.3.13

Bersahabat Bersama Kelingking Kecil



Ruri mungkin merupakan salah satu crafter paling bersahabat yang pernah saya temui. Yap, sesuai dengan nama Kelingking yang bermakna persahabatan, percakapan dengan Ruri mengalir mulai dari dunia handmade lokal sampai gosip lokal. Satu hal yang pasti, segala persahabatan itu memang terlihat dari karya-karyanya yang super cantik dan unik.

Ada apa sebenarnya dengan kelingking? kok dinamain Kelingking Kecil? Enggak Jempol Besar gitu. misalnya, hehe…
Hehehe… Aku pake nama kelingking karena itu simbol persahabatan. Ikatan persahabatan dan janji untuk damai, kan, biasanya dilakukan dengan mengaitkan jari kelingking masing-masing. Dulu sempet punya nama brand lain tapi karena suatu hal akhirnya berhenti ditengah jalan. Lalu ada seorang sahabat yang benar-benar jadi penyemangatku untuk kembali berkarya. Jadinya untuk brand yang baru aku pakai nama kelingking.

Oh, ya. Apa aja, sih, karya yang dibuat oleh Ruri?
Macem-macem. Ada boneka, bantal, tas dompet, aksesoris, tempat tissue, dan lain-lain. Motonya, kan, "craft all the things", jadi semuanya masuk.


Kenapa, nih, kamu Sekonyong-konyong bisa asyik-asyikan di dunia craft dan handamde? 
Sebenarnya sudah dari SMA aku suka bikin-bikin craft dari flanel, cuman belum kepikiran juga kalo itu bisa dijadikan bisnis. Baru tahu setahun lalu kalau ada dunia yang bernama "craft”, hihi…
 
   
Apa yang bikin kamu tertarik, sih, pas waktu jaman SMA dulu itu?
Karena memang udah panggilan jiwa kali, ya, hehe... Dari dulu suka bikin pernak pernik tapi, ya, buat konsumsi pribadi, sih. Ibuku juga, kan, penjahit, jadi dari SMP aku sudah bisa jahit.
 
Bakat turunan ternyata, hehe… Nah, kalau Kelingking Kecil sendiri sebenarnya apa, sih, ke-khas-an yg dimilikinya?
Khasnya dari warnanya. Warnanya aku selalu pilih warna-warna cerah ceria. Terus setiap item aku bikin berbeda dari item yang lain. Jadi buat yang beli enggak perlu khawatir ada yang nyamain.

Kalau konsep dan inspirasi berkaryanya sendiri darimana, tuh? Dapat wangsit atau gimana, hihi…
Kalau inspirasi dari banyak sumber, sering-sering lihat karya orang lain, googling, pinterest, dan juga dari teman-teman Indonesian Crafter.

Menurut Ruri, iklim handmade lokal sekarang ini gimana?
Handmade lokal menurutku sudah patut diacungin jempol. Hanya terkadang masyarakat indonesia kurang menghargai hasil karya handmade. Misalnya kalau pas beli, selalu saja harganya dibandingin sama produk buatan pabrik, padahal menurutku kalau handmade wajar sekali kalau harganya lebih mahal.

 
Mimpi apa, sih, yang ingin diraih ruri dengan Kelingking kecilnya?
Mimpiku ingin bisa membuka lapangan pekerjaan bagi perempuan-perempuan yang suka berkarya. Alhamdulillah udah bisa mempekerjakan satu orang. Kalau internal pribadi sih aku inginnya saat menikah nanti aku nggak perlu kerja kantoran lagi seperti saat ini. Aku inginnya jadi ibu rumah tangga yang karyanya mendunia…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails