8.2.13

Ketika OW Batik Menyapa Anak-Anak

Pesona batik memang tak pernah lekang dimakan masa. Sebagai salah satu warisan nusantara paling tersohor di Indonesia, segala macam jenis kreativitas dan inovasi yang menggunakan batik terus bermunculan. Pun demikian pula halnya dengan yang satu ini. Rina dan Mona adalah penggagas OW Batik. Konon, keduanya mencoba memopulerkan batik untuk anak-anak. Nah, daripada banyak pertanyaan, mari langsung kita temui OW Batik.

Menurut kalian, apa, sih, makna batik itu sendiri? Apa yang bikin batik terlihat keren?
Batik itu adalah kekayaan bangsa kita yang harus dilestarikan. Kedengarannya sih klise ya, tapi memang begitulah adanya. Tidak semua negara punya batik, lho! Dan hebatnya, saking kayanya, Indonesia punya banyak sekali jenis batik yang berbeda-beda dan tentunya cantik-cantik. Makna batik bagi kami adalah kesabaran, ketelatenan dan kasih sayang. Bayangkan proses membuat kain hingga menjadi selembar kain batik itu tidak mudah dan butuh waktu berbulan-bulan. Makanya kita ingin memperlakukan OW Batik dengan falsafah yang sama. Sabar menunggu peluang, telaten mengurus bisnis dan sayang pada semua klien kami yang kebanyakan adalah anak-anak, tsaaaahhh .:. hahaha… Kami juga ingin sekali agar Batik lebih populer di kalangan anak-anak. Jangan sampai anak-anak enggak kenal dengan batik. Lagi pula, anak-anak kan masa depan bangsa, justru dari awal mereka harus kenal sama batik. Paling enggak, kenal OW Batik dulu deh, hehehe…

Gimana ceritanya sampai kalian berseru-seruan bikin Ow Batik?
Ide awal OW Batik datangnya dari Rina. Karena dari awal Mona memang sangat suka dengan sesuatu yang berbau crafting, jadilah kami joinan. Dulu kami masih punya satu partner lagi, namanya Widhy. Tapi karena satu dan lain hal, akhirnya kami tinggal berdua saja. Untuk desain, karena Mona lebih jagoan, jadi urusan ini dia yang pegang. Sementara Rina lebih berkonsentrasi menangani klien.


Selain pada kaos, apa lagi, nih, rencana-rencini kalian dalam berkarya berbatik-batik ria?
Rencananya kami ingin semua konsumen bisa memakai produk OW Batik dari ujung kepala sampai ujung kaki. Jadi kalau konsumennya anak perempuan misalnya, dia bisa pakai kaos OW Batik lengkap dengan rok tutu dan jepit rambut. Atau yang anak laki-laki, bisa bergaya dengan memakai kaos OW Batik dan celana pendek beraplikasi batik juga. Di tahun 2013 ini kami juga ada rencana membuat pernak-pernik kecil untuk dekorasi rumah, mainan dan dress batik untuk anak.



Gimana, nih, proses pembuatannya sampai jadi kaos-kaos lucu begitu?
Biasanya kami diskusi dulu, mau membuat tema apa. Dari tema itu, kami mulai mencari-cari ide untuk gambar aplikasinya. Nah, berikutnya tugas Mona untuk membuat pola dan satu sampel produk dari pola tadi.
 
Bagaimana kalian melihat perkembangan handmade yang mengangkat lokalitas sebagai tema?
Harus diakui, negara kita ini sangat kaya dan menyimpan banyak potensi. Kami bersyukur banyak pengrajin yang bisa mengangkat dan memanfaatkan lokalitas menjadi suatu produk yang bernilai jual tinggi. Dan kami ingin menjadi salah satu produsen yang mengangkat karya handmade. Dengan begitu kami jadi terpacu untuk berhasil. Karena tahu sendiri, kan, saat ini produk buatan China sangat merajai dunia. Kami ingin menghadirkan sesuatu yang lain, sesuatu yang dibuat secara personal dan eksklusif. 

Hal apa gerangan yang menginspirasi kalian dalam berkarya?
Inspirasi itu datang dari hobi akan seni kerajinan itu sendiri. Hobi kami ibarat “makanan jiwa”, Jadi semuanya sudah otomatis ada di kepala kami. Selain itu, kami suka melihat anak-anak yang lucu dan senang sekali kalau mereka menyukai hasil karya kami. Inspirasi lainnya tentu datang dari keluarga, TV, majalah dan dari kain Batik itu sendiri.

Apa keinginan terbesar yang ingin diwujudkan oleh Ow Batik?
Kami ingin OW Batik bisa go international. Kayaknya yang ini juga klise ya? Hehehe. Soalnya kami memang ingin mempromosikan kekayaan batik Nusantara ke seluruh dunia. Kami juga ingin punya workshop sendiri, bisa ‘hidup’ secara penuh dan layak dari OW Batik, bisa sukses, menjadi berkah dan bermanfaat untuk orang banyak. Aminnnn...
http://www.facebook.com/ow.batik

(Nugraha Sugiarta)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails