8.2.13

Kaca dari Cirebon

Sebagian dari kita mungkin pernah mengenal apa yang dinamakan dengan lukis kaca. Ya, kesenian melukis kaca memang cukup banyak ditemui di berbagai penjuru bumi. Namun, bisa jadi yang satu ini cukup unik. Adalah lukis kaca Cirebon yang sampai detik ini pamornya nyaris tak pernah pudar diterjang berbagai gerakan seni modern meski ia kerap mengalami pasang surut.

Seni lukis kaca Cirebon sendiri merupakan salah satu jenis seni rupa yang telah berumur sangat tua. Konon, seni lukis kaca ini telah ada semenjak abad ke-17 pada masa panembahan ratu. Berkembangnya seni lukis kaca seiring dengan mulai masuknya agama Islam. Pada masa ini, lukis kaca digunakan sebagai sarana dakwah populer dengan cara dibuatnya lukisan kaca kaligrafi. Lebih jauh lagi, seni lukis kaca ini konon dibawa oleh para pedagang-pedagang dari negeri China. Oleh karenanya, selain Islam, pengaruh China cukup kuat melekat pada seni lukis kaca Cirebon.

Seni lukis kaca Cirebon memiliki keunikan tersendiri disebabkan teknik melukisnya yang tidak biasa yang kerap disebut dengan teknik melukis terbalik. Para pelukis kaca dari Cirebon kerap melukis di bagian belakang kaca dan dilakukan secara terbalik. Hal inilah yang kemudian membuat seni lukis kaca Cirebon dikenal bahkan sampai ke mancanegara. Dekade 80-an sampai 90-an dapat dikatakan sebagai masa kejayaan lukis kaca Cirebon. Toto Sunu, maestro lukis kaca Cirebon, menggebrak dengan lukisan kaca yang dibuat dalam ukuran sangat besar. Dengan mengandalkan nuansa dekoratif yang terasa hidup, lukisan kaca karta Toto Sunu banyak diincar oleh para kolektor. Hingga kini, teknik-teknik yang dilakukan oleh Toto Sunu dapat dikatakan menjadi kiblat para pelukis muda.


Satu hal yang pasti,kendala klasik yang kerap dihadapi oleh dunia kesenian tradisional juga menerpa seni lukis kaca Cirebon. Minimnya pangsa pasar yang dimiliki.Hal ini, seperti biasa, selalu dikarenakan minimnya publisitas serta kurangnya kemampuan mendapatkan bahan baku yang terjangkau. Meski demikian,  sebagai salah satu karya seni, harus diakui seni lukis Cirebon memang memiliki keunikan tersendiri yang begitu kuat sehingga keberadaannya selalu dapat dinikmati berbagai kalangan. Lagipula, siapa yang bisa mengalihkan pandangan jika menemukan keindahan yang ditawarkan oleh seni lukis Cirebon. Ya, ia memang tidak pernah berhenti bernafas. Sekarang dan di masa depan, tidak akan pernah berhenti bernafas.
(Nugraha Sugiarta) 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails