25.1.13

OwlieLolie dan Burung Hantu



Burung hantu memang kerap menjadi hip di kalangan crafter. Nah, kali ini, Tobucilhanmade enggak mau kalah dan bercakap-cakap dengan salah seorang pembuat karya yang banyak mengangkat tema burung hantu. Mari menjumpai OwlieLolie, crafter yang memulai dari ide membuat tempat pensil yang menghebohkan sekolah.

Gimana, nih, ceritanya sampai dirimu bisa seru-seruan ngebuat OwlieLolie?
Dari dulu aku memang suka bikin kerajinan, tapi nggak pernah nyangka bisa jadi “serius” kaya sekarang. Awalnya, waktu masih sma, tiba tiba muncul ide pengen bikin tempat pensil bentuk owl dari flanel. Waktu aku bawa ke sekolah, ternyata temen-temen aku pada tertarik. Akhirnya mereka pesen dan aku bebasin mau mesen bentuk apa aja. Aku selalu bilang “bisa”, masalah susah enggak nanti urusan belakangan, hehe... Nama OwlieLolie sendiri didapat dari polling temen temen sekelas…


Apa aja, sih, karya-karya yang dibuat oleh OwlieLolie?
Pertama felt pencil case yang jadi awal lahirnya OwlieLolie. Felt pencil case ala OwlieLolie ini inspirasi dan desain dasarnya fresh dari aku sendiri. Terus mulai berlanjut ke tempat tissue, tempat hp, pernak pernik, tote bag, tas, bantal, dompet, keset handuk, dan lain lain. Produk Owlie berkembang selain dari ideku sendiri, juga dari keinginan konsumen, aku selalu merasa tertantang setiap mereka meminta aku membuat hal yang belum pernah aku buat…


Ciri utama OwlieLolie, kan, dengan burung hantunya dan tema burung hantu, tuh, banyak banget dipakai oleh crafter-crafter. Nah, apa, sih, perbedaan yang dimiliki Owlie Lolie dibandingkan karya-karya crafter lainnya yang berburung hantu ria juga?
Awalnya aku gatau loh. Baru setelah aku buka online shop Owlie aku mulai mengenali dunia handmade craft dan crafter di indonesia yang ternyata udah lumayan ramai, dan  saat itu juga aku tau kalo owl itu sangat nge-hits. Menurutku, dari otak yang berbeda akan lahir karya yang berbeda meski dengan tema yang sama, disitulah letak ciri khasnya.

Gimana cara OwlieLolie biar bisa terus berkarya dan enggak kehabisan ide dalam berkarya?
Aku selalu nyediain halaman menggambar di buku catatanku, nanti kalo muncul ide tiba-tiba, akan aku gambar atau aku tulis, jadi kalo suatu hari enggak punya ide, tinggal buka catatatan lama itu. Selain itu, aku perbanyak jalan jalan, main kesana kesini, baca buku, browsing, pokoknya memperluas wawasan supaya otak semakin kaya akan ide ide baru.

Menurut OwlieLolie, semenjanjikan apa sebenarnya dunia handmade itu bagi para crafter?
Menjanjikan banget lho.. Karena sekarang udah makin banyak orang yang lebih mengapresiasi karya seni jadi nilai barang handmade itu lebih tinggi daripada barang pabrik. Lagipula, apa sih yang lebih menyenangkan dari pada bekerja pada hobi kita sendiri?

Setuju… Nah, Apa, sih, hal terpenting yang harus dimiliki seorang crafter?
Konsistensi. Sebrilian apapun crafter, sesukses apapun keadaannya sekarang, kalo enggak konsisten semuanya bisa bubar ditengah jalan. Kalo cuma modal kreatifitas, nggak akan cukup.

Apa target yang sebenarnya ingin dicapai dirimu ketika membuat OwlieLolie?
Saat membuat Owlie aku enggak ada target, justru terbentuknya Owlie adalah target dari pencarianku selama ini. Aku dulu bosen jadi murid biasa, rasanya ingin sekali punya sesuatu yang beda pada diriku. Aku kadang iri lihat temen-temen aku punya bakat nyanyi, main alat musik, nari, olahraga. Aku udah coba semuanya, tapi soul-nya sepertinya enggak disana. Ternyata, apa yang aku cari udah sering aku lakukan setiap waktu tapi aku enggak menyadari, yaitu berkecimpung di dunia handmade craft.  Sekarang targetnya cuma pengen Owlie lebih dikenal dan konsisten di dunia handmade…




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails