18.1.13

Flanel Unik Rifara



Ini dia salah satu penggila flanel paling kreatif yang pernah saya temui. Karya-karyanya menebar mulai dari flanel cake sampai sandal. Berjibaku demi berbagi rejeki dengan para tetangga dan mentraktir keluarga, ibu muda yang satu ini tidak pernah berhenti menelurkan beragam kreasi menarik yang wajib kita intip. Mari!

First… Kenapa memilih berfokus di flanel? Menurut Mbak, apa, sih yang menarik dari bahan flanel itu sendiri?
Sebenarnya kerajinan yang pertama saya lirik bukan flanel, tapi setiap kerajinan yang saya bikin dan saya upload responnya kurang. Beda dengan flanel, tiap upload konsumen pada gemes lihatnya, hehehe... Hmmm… yang menarik dari flanel karena warna dan bahannya lebih mudah dijadikan replika, baik cake atau pun yang lain.

Apa aja, nih, karya-karya flanel yang dibuat oleh Rifara Flanel Craft?
Karya yang sudah dibuat, yaitu sandal karakter, kaos nama, jilbab nama, jilbab topping, kotak tisu, toples, tudung saji, sarung kulkas, sarung galon, sarung magicom, celengan, sarung dan tempat pensil, dompet, pouch, bando, gantungan kunci.


Karya-karyanya aku lihat cukup unik, nih. Gimana cara Mbak biar bisa terus berinovasi membuat karya-karya maknyus nan unik?
Sering membuat percobaan, baik itu yg dilihat langsung ataupun lihat dari foto, terutama yang berbau cake atau mainan. Terus juga dari sering berimajinasi.


Menurut Mbak, apa nih kelebihan yang dimiliki oleh Rifara Flanel Craft dibandingkan dengan produk-produk flanel lainnya?
Kata konsumen, produk Rifara punya ciri khas tersendiri dan tiap produk memiliki tema, seperti rainbow cake toppingnya itu hanya dibuat yang ada di rainbow cake aslinya. Kalau produk lain, motif rainbow cake tapi toppingnya campur macam-macam. Begitu juga motif lainnya. Saya bikin replikanya karena sering lihat langsung cake-nya, jadi enggak asal tempel topping aja.

Apa, sih, pemacu utama yang bikin Mbak pengen terus berkarya?
Pemacu utamanya, saya mempekerjakan ibu-ibu yang sebagian memang butuh uang. Jadi kalau orderan sepi, ibu-ibu ini tidak ada kerjaan, otomatis mereka enggak dapat uang. Dari situlah saya berpikir bagaimana caranya ibu-bu bisa tetap bisa kerja. Bukan buat ibu-ibu aja sih sebenarnya, buat saya juga biar bisa nraktir suami dan anak-anak pergi jalan-jalan, hahaha…

Oh, ya. Mbak sendiri melihat market di dunia craft kayak gimana, nih? Cukup menjanjikankah?
Dilihat dari tiga tahun terakhir ini, craft lumayan menjanjikan. Dari tahun ke tahun, omset semakin lumayan. Jadi craft bukan lagi sebagai hobi, tapi saya sudah menganggap ini bisnis yang sangat menjanjikan. Meskipun persaingan semakin ketat, tapi kita punya pasar dan ciri khas masing-masing.


Apa, nih to do list-nya Rifara Flanel Craft di tahun 2013?
Di tahun 2013, cita-cita saya ingin punya showroom khusus handy craft di mana showroom itu bukan hanya diisi produk saya tapi juga produk crafter-crafter lain. Cita-cita lainnya saya ingin menuangkan produk-produk saya ini ke dalam sebuah buku. Isinya tentang pengalaman pribadi saya yang hanya mengurus rumah tangga lumayan membosankan dan dengan nge-craft saya tidak lagi bosan. Bahkan saya merasa senang karena bisa mendapat penghasilan, bisa tetap silaturahim dengan tetangga, bisa mengurus anak tanpa pembantu, bisa melayani suami dan lain-lain. Itulah alasannya kenapa saya ingin sekali membuat sebuah buku, tapi belum ada satu pun penerbit yang menerima, hihi… Semoga suatu saat bisa terwujud…
Twitter: @rifaraflanel
Email: rifaraflanelcraft@gmail.com
pin bb 25DBD6F7
Ph. 085846060627 / 081294282582  
Perum Karaba Indah Blok Gi No 2 RT 07 RW 09 
Desa Wadas Kecamatan Teluk Jambe Timur 
Karawang 41361
  
 

2 komentar:

  1. Hai sis, blog dan karya nya bagus ni..
    Kunjungi kembali blog ku ya http://aksesorisflanelku.blogspot.com/
    ありがとう-terima kasih ☺

    BalasHapus
  2. thanks ya sis....ok aku kunjungi ya.....

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails