14.12.12

Memeluk Dipeluk D' Vakikus

Pembuat boneka sudah barang tentu sangat banyak bertebaran di seluruh penjuru bumi, tapi yang satu ini cukup berbeda. Dengan wajah boneka yang dilukis, kekuatan mimik dan karakter tiap boneka yang dibuat oleh D’Vakikus menjadi begitu jelas terlihat. Ow, ini, kok, jadi serius banget, yah, dimulainya… hehehe… Nah, buat yang senang alias gemar peluk-peluk boneka, yuk kita intip Mbak Pie sang pembuat boneka…



Kenapa, nih, Mbak Pie kok memilih boneka dalam berkarya?
Kenapa boneka? Sebenernya nggak hanya boneka, aku ini prakaryaholic, hehehe... Hampir semua jenis kerajinan tangan aku suka, kalau kemudian milih fokus di boneka karena ternyata boneka bisa jadi media semua hasrat berprakaryaku. Bisa dijahitkan baju yg modis-modis, dikasih aplikasi, dipainting, dipakein mantel rajutan, dibandoin bunga handmade, dan lain sebagainya. Enggak ada habisnya berkreasi dengan boneka.


Mbak Pie sendiri gimana awalnya kok bisa intens jadi membuat boneka-boneka?
Semula yg serius kujadikan bisnis itu painting on fabric. Ada tas, kain, souvenir, dan houseware.  Semua finishing-nya yang handpainting. Suatu saat pameran bawa boneka yang sebetulnya untuk property display, eh, malah duluan laku. Malah ada ibu crafter bordir eksklusif dari Surabaya yang minta didesainkan khusus untuk dijual di galerinya. Tahu enggak, setiap ke galerinya aku keliling dengan mulut nganga saking ngefansnya. Kebayang, kan, senangnya ternyata bonekaku duduk dengan pede di galeri itu!

D'Vakikus sendiri artinya apa, nih.. hehe..
Vakikus? Itu nama boneka anakku yg gendut dan rakus, makannya banyak seperti bunda, hahaha… Mereka suka ngarang nama aneh-aneh.

Apa gerangan yang menjadi kelebihan utama D'Vakikus dibanding dengan karya-karya boneka lainnya yang sejenis?
yang menjadi kelebihan mimik mukanya kali, ya, karena dilukis jadi lebih ekspresif. Baju dan sepatunya bisa ganti-ganti. Rambutnya bisa diganti dandanan.

Apa sebenarnya konsep yang dimiliki oleh D'Vakikus dalam berkarya?
Konsep Vakikus dalam berkarya? Sebetulnya Vakikus adalah hobby yang dibisniskan supaya prakaryaholic-nya bisa terus berkembang, tersalurkan, dan ada yang mendanai. hehe..


Menurut Mbak Pie, hal paling penting apakah yang harus menjadi pegangan seorang crafter ketika hendak memulai berkarya?
Yang penting untuk pemula… Apa ya? Buatlah sesuatu yang unik dan beda. Terinspirasi dikit oleh crafter lain boleh, tapi jangan pernah nyontek karena orang akan lebih menghargai kekhasan kita. Kalau produk kita khas dan bermutu, tidak perlu perang harga.


 Apa, nih, "wildest dream" yang dimiliki Mbak Pie dengan D'Vakikus-nya?
Yang agak-agak wild pengen melengkapi Vakikus dengan butik baju boneka. Yang paling wild pengen buat cerita dengan tokoh boneka boneka Vakikus. Pengen cerita tentang keindahan budi anak-anak indonesia sehari-hari. Kangen cerita-cerita seperti Unyil dulu...
http://www.facebook.com/vakikus

(Nugraha Sugiarta)

3 komentar:

  1. Cie cieeeee udah nongol duluan ni mba epieeee , unik & ciri khas itu harus ya mba epie karna org akan tau dg ciri khas kita masing2 , sukses buat mba epie n D'vavikus nya yaaa *happy craftinggggg

    BalasHapus
  2. Wah Inspiratif banget. harganya brp an mau dong buat di toko ku.tks

    BalasHapus
  3. Hai Egi, salam kenal, add facebook Vakikus aja ya...atau by email epiekuswanto@gmail.com

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails