2.11.12

Obat Anti Bosan dari Ennobyu



Apa yang kamu lakukan ketika sudah terlalu bosan dengan rutinitas harian ala kantoran yang itu-itu saja? Mungkin ada yang memilih liburan, mencari pekerjaan baru, atau menjadi seperti Renny dan Ennobyu-nya, hehe. Yap, dari tangannya lahir beragam aksesoris super maknyus menarik untuk dimiliki.

Apa aja,sih, sebenarnya aksesoris yang dibuat  Ennobyu?
Ada dua sebenarnya yang dibuat.  Aksesoris Ennobyu dan Batiklicious. Kalau untuk aksesoris membuat kalung, gelang, anting, cincin , bros, gelang kaki, headband, dan gantungan kunci di tas. Materialnya simply wire wrapping, batu-batuan, plastik, beads, kayu, dan tali-tali. Terus kalau Batiklicious membuat kalung, gelang, anting, cincin , bros, shawl, dan gantungan kunci di tas dengan menggunakan material kain batik, sumbu, mix dengan batu, resin, logam, tali, dan pita.


Wah, tampak padat bergizi, hehe… Oh, ya. Ennobyu sendiri sudah sedari kapan nih memulai pergerakannya?
Hehe... Ennobyu dimulai bulan Oktober 2005. Kisahnya yah cukup mengharukan. Jadi dulu setelah berpindah-pindah kerja dan menyadari emang jiwanya bukan pekerja kantoran, aku ambil keputusan buat usaha sendiri berbekal talenta dan modal yg hanya ada dua ratus ribu. Awalnya enggak sengaja nemenin teman yang mau belanja di pasar Jatinegara, aku melihat orang-orang pada bikin aksesori dengan bahan batu-batu. Karena penasaran, terus nanya-nanya gimana cara buatnya dan diajarin sama penjualnya dengan tempo yang sesingkat-singkatnya. Lalu tergodalah buat beli bahan-bahannya. Mulainya dengan membuat anting-anting dulu karena kecil-kecil dan lebih mudah. Setelah itu, aku coba jualin biar balik modalnya yang dua ratus ribu.

Nah, terus kok ada Batilicious segala? Ini brand yang beda dengan Ennobyu atau gimana, nih, maksudnya?
Sebenarnya Batiklicious kayak “anaknya” Ennobyu, sengaja dibedain karena beda materialnya aja.

Wah, bentar lagi bercucu, nih, kayaknya, hihi…Nah, ngomong-ngomong soal Ennobyu dengan aksesoris batu-batuannya, emang apa yang menarik dengan aksesoris babatuan itu sampe dirimu tertarik kursus kilat sama si abang penjual dan di seriusin sampai dijadikan usaha?
Batu-batunya lucu-lucu. Warnanya bagus dan di 2005, kan, lagi booming, tuh, handmade aksesoris. Bahan-bahannya juga mulai banyak impor, so, bisa makin variatif bikin desain yang aneh-aneh. Terus wanita umumnya suka sama asesoris bebatuan juga makanya aku yakin pasarnya pasti bagus, nih.


Selain dari batunya, apa nih ciri utama yang dimiliki Ennobyu yang bener-bener "Ennobyu banget"?
sebenarnya untuk ciri aku serahin ke pembeli, karena aku lebih ke 'tematik'. Sejauh ini sih ciri khas untuk Ennobyu kita aplikasikan simply wire wrapping, hanya bentuk labirin, dipadukan dengan batu, beads, kayu, atau logam.

Berkaitan dengan market, gimana Ennobyu melihat pangsa handmade sekarang? Dan gimana Ennobyu menjaga si pangsa ini biar awet tak pergi-pergi?
Wah, menurut aku pribadi, handmade cukup berkembang skarang. Produsen makin kreatif dan pembeli mulai sadar kalau produk handmade punya nilai jual dan daya tarik, itu yang bikin aku yakin ke depan pangsa pasar selalu ada. Ennobyu sendiri masih banyak belajar untuk menjaga pangsa pasar ini dengan selalu melihat di media-media. Intinya berusaha menjawab kebutuhan pasar dengan kreativitas dan karakter masing-masing.


Apa yang menjadi target utama kamu dan Ennobyu di masa depan?
Target utama, ennobyu punya kesempatan buka toko di beberapa tempat di Bandung, Jakarta, dan di beberapa daerah. Mimpinya juga pengen ekspor dan Ennobyu bisa sedikit membantu dengan membuka lapangan kerja untuk orang-orang yang kreatif dan suka berprakarya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails