23.11.12

Mari Bergaya dengan Lokoggaya



Memulai sesuatu dari hobi memang selalu menyenangkan, apalagi jika apa yang dihasilkan tersebut merupakan karya-karya maknyus yang tak kalah gaya dengan produk-produk lainnya yang bergenre sama. Nah, untuk yang satu ini, sesuai dengan namanya, menawarkan “gaya” yang unik dan super asik. Yuk berkenalan dengan Lokoggaya. Loh? Kok gaya? Hehe…

Apa gerangan ini arti namanya?
Kalau Lokoggaya sendiri dari celetukan si abang. Bermula dari saya yang hobi buat aksesoris berbahan hamabeads, ngobrol-ngobrol nama apa yang pas buat dagangan saya ini, tiba-tiba keluarlah kata-kata Lokoggaya. Yang artinya Lo-Kog?-Gaya hehe… Sebuah pertanyaan yang bakal di lontarkan orang pas ngeliat orang lain lagi memakai dagangan saya, simpel, sih, cuma nama Lokoggaya udah buat beberpa orang dosen saya bertanya-tanya dan mikirin arti pemenggalan kata-katanya, haha… Tapi dari lubuk hati saya yang paling dalam setiap orang yang memakai produk Lokoggaya jadi terlihat lebih gaya dan tampil beda dari yang lain. Aminnnn....


Oh gitu, hihi… Nah, Lokoggaya, kan, karya-karyanya banyak bikin tas, yah.. Tas seperti apa nih yang menjadi ciri khasnya?
Tas yang biasanya saya buat tas ransel (backpack) mulai dari ransel buat sekolah, kuliah, kerja, ama buat hangout. Cuma ada juga model sling bag, tote bag, dan handbag. Dari segi bahan saya, juga menggunakan beragam bahan ya, mulai dari jeans, vynil, katun, dinir sampai kain batik.


Oh ya, selain tas, apalagi nih yang dibuat?
Saya juga jual aksesoris, mulai dari kalung, bros, jepit rambut, sampai gantungan kunci juga ada. Aksesorisnya saya buat dari bhan vynil sisa-sisa dari buat tas, sama kain-kain perca. Nah, sekarang lagi mulai buat pouch, dompet, dan organizer lainnya yang tertunya bisa bermanfaat buat yang beli, hehe

Kenapa pilihannya jatuh ke tas? Apa sih yang menarik dari tas sebenarnya?
Sebenarnya bermula dari hobi dan kecintaan saya ama tas, hehehe Banyak, ya, orang bilang mulailah bisnis dari hal yang kamu sukai, kayaknya hal itu kena juga sama saya. Saya suka banget sama tas makanya saya semangat banget buat dagang tas ini, lagian model tas sangat beragam, ya, jadi kita bebas buat berkreasi dengan model-modelnya.

Kelebihan utama karya handmade itu, kan, karena tidak diproduksi massal, nah tapi seringkali di tengah keunikannya, banyak yang menkritik permasalahan ketahanan alias keawetan produk-produk handmade. Kamu sendiri gimana, nih, menyikapi hal tersebut?
saya selalu terima kritikan dari teman-teman yang udah beli produk Lokoggaya. Jadi kalo mereka ada komplain langsung saya tanggapi.  Karena produknya handmade, menurut saya kuaalitasnya lebih terjamin, ya, soalnya jahitnya enggak banyak-banyak. Tapi yang jelas harga memengaruhi kualitas, kalo di awalnya kita udah memberikan informasi yang jelas tentang produk kita, konsumen akan lebih mengerti.

Berkaitan dengan inovasi, gimana cara Lokoggaya melakukan inovasi dalam berkarya sehingga konsumen tidak bosan dengan karya-karya-karnya?
Setiap produksinya saya selalu buat model baru, paling enggak satu bulannya ada model baru, jadi teman-teman selalu penasaran model tas gimana lagi yang bakal saya keluarin. Selain modelnya, juga main diwarnanya. Selalu mencoba memadukan warna-warna baru dan enggak takut buat bermain warna.

Apa sih hal utama yang membuat Sefti terus bersemangat dalam berkarya?
MIMPI. Hehe Saya punya impian besar dengan Lokoggaya ini dan saya harus mengejar mimpi itu karena menurut saya semua nya berawal dari mimpi, jadi jangan takut buat bermimpi, selagi gratis, hehe Tapi kita juga harus tetap berusaha buat meraih mimpi itu yaa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails