9.11.12

Dibalik Dapur Estheticfilia

Esti dan Estheticfilia-nya mungkin adalah salah satu crafter dengan semangat paling penuh dan memiliki kisah-kisah tak terduga dari setiap karya yang dibuatnya. “Nyemplung” ke dunia perkainan dengan totalitas yang sulit untuk diragukan, Tobucilhandmade cukup kagum dengan segala preketek detail dalam setiap pengerjaan karya-karyanya.

Esti, kan, tampak berjibaku ria dengan yang berbau-bau tekstil. Sebenarnya, apa sih eksplorasi yang paling menarik dari dunia tekstil itu sendiri… Secara orang-orang lebih banyak tahu tekstil hanya sebatas kain-kain semata, hehe…
Iya estheticfilia adalah salah satu label handmade di Indonesia yang berjibaku dengan tekstil, sedikit cerita masa lalu, jadi waktu kecil saya suka sekali ngeliat kain apalagi yang banyak gambarnya. Saya suka ngebayangin cerita dari gambar-gambar tersebut..Kain itu bisa jadi sarana bercerita, berargumen, dan berekspresi. Explorasi paling menarik adalah memadukan bahan, motif, tekstur, dan warna menjadi bentuk baru yang belum pernah terpikirkan oleh orang-orang.


Karya-karya Estheticfilia sendiri apa sajakah gerangan?
Estheticfilia membuat produk handmade tematik berupa bantal dan plush, untuk produk handmade fungsional, estheticfilia membuat dompet, harddisk organizer, tas, pouch, dan masker mata kucing, masker ini selalu laris manis di setiap baza, hehe... Karena saya hobi hunting scarf yang nyentrik, saya juga jual scarf limited edition. Konsep produk handmade estheticfilia adalah mengangkat kembali hal-hal yang everlasting atau sepanjang masa. Estheticfilia berusaha agar produk handmade bisa dinikmati semua usia, baik perempuan maupun laki-laki. Saat ini produk bantal tematik yang sudah dipasarkan adalah bantal The Beatles dan Mr. Bean, Red Riding Hood, Batik Cap, dan yang terbaru adalah Kahitna. Estheticfilia berupaya menyeimbangkan sisi feminim dan maskulin pada karya-karya handmadenya. Selain produk tematik dan fungsional, estheticfilia juga menyediakan custom order, ada banyak kategori custom order, best sellernya adalah bantal replika gitar, bantal siluet, bantal stencil, dan yang terbaru adalah bantal karikatur.

Btw, belajar darimanakah Esti kok bisa akhirnya bertekstil-tekstil ria dengan Estheticfilia?
Semua produk handmade ini lahir dari apa yang saya pikirkan, baca, lihat, dengar dan rasakan. Nah loh, jadi gimana tuh? Hehe.. Jadi di rumah ada dua mesin jahit. Karena saya suka kain, saya mencoba memanfaatkan semaksimal mungkin fasilitas yang ada, coba jahit mau-maunya sendiri sambil tanya mama karena mama sekolah jahit. Saya juga baca tutorial jahit menjahit, lebih sering trial & error karena bebas berekpresi dengan kain tanpa terpaku dengan aturan dan pola yang ada. Lama-lama jahitan  metal saya berubah jadi lebih halus sampai sekarang dan bisa membuat macam-macam produk handmade. Untuk inspirasi produknya sendiri saya sering  baca artikel tentang desain produk, lihat majalah, lihat blog yang isinya barang-barang yang nyentrik, berlatih untuk think out of the box setiap hari. Sebagai contoh bantal seri The Beatles lahir karena teman saya Arie dari Manhattan Band sering melantunkan lagu The Beatles kalau kami sedang kumpul-kumpul, dari sanalah saya terisnpirasi untuk membuat bantal The Beatles. Tidak langsung dibuat, diskusi dulu, baca artikelnya, lihat video dan filmnya, mendengarkan lagunya berminggu-minggu, setelah yakin The Beatles ini salah satu band yang everlasting dan menyedot perhatian dunia barulah mulai mebuat bantal  The Beatles. Kira-kira seperti itu prosesnya, setiap produk memiliki cerita yang panjang, hihihi...


Apa, nih, sebenarnya kelebihan yang dimiliki oleh Estheticfilia dibandingkan produk-produk yang sejenis atau bergenre sama dengan apa yang dibuat oleh Esti?
Semua produk handmade yang dipasarkan telah dikonsep secara matang. Selain itu, kelebihan Estheticfilia ada pada detail produk. Setiap produk rata-rata memiliki tingkat kesulitan tinggi, detailnya padat dan harus rapi, itu poin yang selalu ditekankan pada setiap pembuatannya. Pada produk fungsional, setiap asesoris seperti sleting, kancing, pita, atau  renda dipilih yang paling  unik dan limited jumlahnya. Jadi ada waktu-waktu tertentu saya luangkan khusus untuk hunting detail yang diinginkan. Selain detail, perpaduan warna dan pemilihan  material juga diperhatikan, outputnya setiap karya yang lahir diharapkan menjadi karya handmade yang impresif.

Menurut Esti, apakah tantangan paling besar dan paling berbahaya ketika seseorang memutuskan untuk berhandmade ria dan menjadi crafter, hehe…
Bahayanya ada tiga; bosan, mati gaya, eh! mati ide maksudnya, dan hilang “kesadaran” dan    kesabaran, heheheKenapa bosan? Semua crafter saya yakin bosan untuk membuat repeated  order, hayooo ngakuu… hehe… Itulah kenapa kategori produk Estheticfilia banyak sekali, karena saya memiliki akselerasi kebosanan yang tinggi, jadi  sering menelurkan produk baru  biar selalu semangat. Crafter ngga boleh mati ide, nanti produknya stagnan dan ujung-ujungnya crafternya bosan.. bosan lagi bosan lagi yah… Lalu hilang kesadaran. Ada yang lupa mandi waktu ngerjain pesenan? atau lupa makan? lupa tidur? Crafting itu kegiatan yang menyedot waktu yang lama, butuh konsentrasi dan  mood yang baik, jadi klo keasyikan atau dikejar deadline, siap-siap deh tiba-tiba gimbal alam, hahaha… Satu lagi poin yang paling seru, jadi crafter berarti siap jadi orang  yang kreatif, teliti, fokus, dan sabar. Seringkali ada hal-hal yang menghilangkan  mood. Ada yang  pernah mesin jahit rusak  pas udah mepet kirim pesanan? Atau  kerjaan kena noda?  Nah, siapkan ruangan bergelombang alfa dengan banyak ibu peri di dalamnya yah, ahahaha…

Ada tantangan pasti ada nikmatnya juga, hehe… Nah, klo Esti sendiri merasakan kenikmatan seperti apa, sih, ketika memutuskan menjadi crafter?
Asiknya jadi crafter itu ketika berkonsep membuat sesuatu, ketika melawan arus, dan merasakan perjalanan dari imajinasi, mengkonsep, mendesain, sampai jadi produk. Setiap prosesnya membuat kita selalu berpikir dan ketika melihat hasilnya menjadi produk yang bisa kita sentuh, Wow! It’s real now ! Serunya ketika memutuskan jadi crafter berarti kita memutuskan untuk hidup berkomunitas, seru sekali punya teman satu komunitas, sharing setiap saat, berjuang bersama, saling memberi motivasi dan  inspirasi. Mendapatkan  income yang tidak dibayangkan sebelumnya adalah bonus dari hasil pemikiran, doa, kerja keras.


Inovasi seperti apa, nih, yang bakal diterapkan oleh Esti untuk Estheticfilia sehingga karya-karyanya bisa terus bertahan dan makin digilai para penggemar handmade…
Ke depannya Estheticfilia akan terus belajar, melakukan perbaikan, dan berinovasi membuat produk handmade berkonsep  everlasting  yang mendunia, yang bisa dinikmati semua orang berbagai benua. Bereksplorasi dengan variasi kain yang baru, desain baru, dan terus mengkampanyekan handmade. Memberikan perspektif baru yang bisa menginspirasi banyak orang.

5 komentar:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails