5.10.12

Simpul Macrame ala Indecraft



Membayangkan istilah simpul-meyimpul, kepala saya kerap teringat tali-temali masa Sekolah Dasar ketika berpramuka ria. Nah, tapi, simpul yang satu ini tentu saja bukan hendak membahas tentang simpul ala pramuka yang sampai detik ini tak ada satupun yang saya kuasai, hehe… Ini adalah simpul bernama macramé ala Indecraft. Konon, macramé adalah seni menyimpul temali yang sudah berumur cukup tua.  Nah, daripada bengong serba penasaran, mari menyelami macramé bersama Indecraft…

Halo Indah… Lagi sibuk apa, nih, dengan Indecraft-nya?
Halloo halloo.. Sementara ini masih marathon menyelesaikan pesanan dan restock dulu. Jadi realisasi ide-ide baru agak tersisih, deh…

Aku baru denger istilah “macramé”. Sebenarnya apa, sih, seni macrame itu?
Macramé itu katanyaaa sih... Teknik tekstil paling tua yang sudah ada sejak abad ke-13. Dibuatnya dengan cara membuat simpul menjadi bentuk dekoratif tanpa alat apapun. Hanya bermodal jari-jari tangan dan ketelatenan…


Apa, sih, yang unik dari seni macramé ini?
Uniknya adalah ketika kita melihat hasil jadinya. Enggak kebayang kan kalau hanya dengan ikat-mengikat tali ternyata bisa menjadi bentuk dan motif-motif dekoratif yang menarik. Seperti ribuan titik yang ketika digabungkan ternyata bisa membuat sebuah lukisan indah.

Kalau di Indonesia sendiri gimana, tuh, perkembangan seni macramé?
Sayangnya macramé masih sangat jarang diangkat di Indonesia. Masih banyak yang mengira bahwa macramé itu rajut, mungkin karena sama-sama dari benang, ya. Kata-kata macramé sendiri pun masih asing sehingga banyak yang tidak tahu, padahal ada beberapa aplikasi macramé sederhana yang banyak dijual seperti friendship bracelet, tapi baik yang membuat maupun yang memakai tidak tahu kalau itu termasuk seni macramé, hihi…

Indah sendiri mulai tertarik dan menggeluti macramé sampai membuat Indecraft sejak kapankah? Gimana gerangan ceritanya?
Ceritanya panjang. Awalnya waktu kuliah dulu saya ikut mata kuliah pilihan yaitu tekstil. Kebetulan salah satu yang diajarkan adalah seni macramé. Ya, saat itu macramé memang sempat membuat saya tertarik, tapi selepas lulus kuliah, macramé pun saya lupakan begitu saja. Sampai pada suatu saat, saya punya sebuah kalung favorit, tapi ternyata kalung itu jadi favorit banyak orang juga alias pasaran. Karena sebal, saya lalu ingin membuat kalung yang lain daripada yang lain. Dari situlah kemudian terpikirkan teknik macramé, karena jarang sekali aksesoris yang terbuat dari tali-temali. Nah, berawal dari pamer di jejaring sosial, ternyata banyak tanggapan positif dari teman-teman lalu lahirlah Indecraft…


Oh, ya. Apa aja, nih, karya-karya dan inovasi macramé yang dibuat oleh Indah dengan Indecraft-nya?
Haha… Indecraft masih anak kemarin sore, belum banyak ide yang direalisasikan. Sementara masih berputar di sekitaran aksesoris seperti gelang dan kalung, tapi tentu saja dengan membawa keunikannya tersendiri yang lain daripada yang lain.


Harapan terbesar apa yang dimiliki oleh Indecraft dengan karya-karya macramé-nya?
Banyaaaaak sekali yang ingin saya buat dengan macramé, tidak sebatas aksesoris saja. Yah, Semoga dalam waktu dekat bisa direalisasikan. Juga membuat sebuah studio kecil untuk berkarya, karena pasti menyenangkan sekali berkumpul dengan teman-teman yang tertarik dengan macramé dan belajar bersama-sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails