19.10.12

Melintas Kilometer Nol



Pernah melewati jalan Asia Afrika? Tentu sebagian dari kita sering melintas di jalan tersebut. Tapi, tahukah kawan-kawan bahwa di salah satu sisi kiri jalan tersebut terdapat penanda kilometer bertuliskan angka nol yang selama ini dijadikan patokan sebagai titik tengah kota bandung? Penanda yang seringkali disebut dengan “Kilometer Nol Bandung” itu memang terletak di jalan Asia Afrika, tepatnya di depan kantor Perhubungan Umum (PU), Bandung. Berada persis di depan monumen kereta api PU, penanda ini ternyata memiliki alur sejarah yang layak dan sudah semestinya diketahui oleh khalayak ramai.

Pada masa pemerintahan kolonial, Bandung masihlah berupa kabupaten dengan bupati pertamanya bernama Wiraangunangun. Kabupaten Bandung sendiri semula berada di Karapyak atau Bojongasih di tepi sungai Cikapundung, dekat muaranya yaitu Sungai Citarum. Nama Karapyak kemudian berganti menjadi Citeureup. Bahkan nama itu hingga kini tetap abadi menjadi salah satu nama desa di Dayeuhkolot. Adapun sejarah dijadikannya titik tersebut sebagai kilometer nol sendiri bermula sewaktu jembatan penyebrangan Sungai Cikapundung selesai dibuat pada tahun 1809 pada masa pemerintahan bupati Wiranatakusumah II yang memimpin pada tahun 1794 sampai dengan 1829. Pembangunan jembatan ini sendiri berhubungan erat dengan rencana pembuatan jalan raya Pos yang terkenal itu.

Seusai jembatan rampung dikerjakan, Deandels, yang kala itu menjabat sebagai Gubernur Jenderal Hindia Belanda (sebutan untuk Indonesia di masa penjajahan), menyeberanginya untuk pertama kali. Lewat beberapa ratus meter kemudian ia menancapkan tongkat kayu dan berkata, "coba usahakan, bila aku datang kembali ke tempat ini, telah dibangun sebuah kota". Konon pula, bekas tongkat kayu ditancapkan itulah yang sekarang dijadikan Kilometer Nol Kota Bandung.

Perintah Deandels ini kemudian menyebabkan sang bupati membenahi wilayah yang saat itu masih berupa semak belukar tersebut, dan akhirnya pada 25 September 1810 keluarlah surat keputusan yang menyatakan bahwa ibukota kabupaten Bandung dipindahkan dari Karapyak (Dayeuhkolot) ke pinggir sungai Cikapundung atau alun-alun Bandung sekarang. Tanggal itu pulalah yang sekarang selalu diperingati sebagai hari lahir kota yang berjuluk Parijs Van Java ini. Pembangunan wilayah tersebut kemudian dilanjutkan oleh Bupati Wiranatakusumah IV. Pemimpin yang cukup progresif ini pada tahun 1850 mendirikan pendopo kabupaten Bandung (sekarang rumah dinas Walikota Bandung, persis di depan Alun-alun Bandung) dan masjid Agung Bandung. Ia juga yang memprakarsai pembangunan Sekolah Raja (pendidikan guru) dan pendidikan sekolah para menak (bangsawan). Dialah pula yang menjadi peletak master plan yang disebut Negroij Bandung

Atas jasa-jasanya di segala bidang itulah Wiranatakusumah IV mendapat penghargaan bintang jasa dari Pemerintah Kolonial Belanda. Karena penghargaan itu pulalah rakyat kabupaten Bandung selalu menyebutnya dengan nama Dalem Bintang. Bupati yang populer di hati rakyat ini kemudian diganti oleh Raden Adipati Kusumadilaga. Pada masa R A A Martanegara (1893-1918), yaitu pada 21 Februari 1906, kota Bandung sebagai ibukota kabupaten Bandung, statusnya berubah menjadi Gemeente (Kotapradja), dengan pejabat Walikota pertama adalah B. Coops.  Sejak itulah kota Bandung resmi terlepas dari pemerintahan kabupaten Bandung hingga sampai dengan saat sekarang ini dan semuanya itu tak lepas dari sebuah penanda yang bernama Kilometer Nol Kota bandung.

1 komentar:

  1. Artikle yang sangat keren, semoga sukses selalu

    Ingin Liburan Ke paket wisata karimunjawa dengan aman dan nyaman di karimunjawa ? Ingin Paket Wisata Karimunjawa dan gak murahan? Hubungi Kami "Raja Karimunjawa" biro lokal asli Karimun jawa . Untuk Book Paket Karimunjawa dan Tour Karimunjawa , silahkan hubungi kami karena kami biro karimunjawa dan trevel karimunjawa terpercaya. Paket wisata karimunjawa Murah tapi mewah, murah tapi gak murahan. Kepuasan Paket Wisata Karimunjawa anda di pulau Karimunjawa adalah kebahagia'an dan tujuan kami. Terimakasih telah mempercayakan paket wisata karimunjawa bersama kami Agen Wisata Karimunjawa dan furniture jepara. silahkan Untuk booking paket lebaran karimunjawa dan paket tahun baru karimunjawa

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails