28.9.12

Sulaman Kisah Soffi Embroidery



Ini kali seorang penyulam handal dihampiri oleh Tobucihandmade. Berawal dari iseng-iseng berputar-putar kota, Mbak Soffi dengan Soffi Embroidery kemudian menjalani aktivitas seru-seruan menyulam-nyulam ria. 

Sejak kapan, sih, Mbak Soffi senang dengan sulam menyulam?
‎Sekitar lima tahun lalu, tapi dulu cuma iseng-iseng. ‎  Kan pas mau lebaran nyari baju tuh, eh, di pasar lihat baju sulam, tertarik terus beli. Pas jalan-jalan ke Gramedia lihat buku sulam, karena penasaran beli juga. Akhirnya dipraktekkin, tuh, isi buku, sambil lihat acuan baju sulam yang baru aku beli, akhirnya keterusan sampai sekarang. Selain itu karena suka lihat pameran sulam dan web tentang sulam, jadi ketagihan, hehe…


Oh, begitu kisahnya… Nah, apa gerangan yang bikin ketagihan dari aktifitas menyulam? apa serunya?
Kalau cowok itu, kan, banyak yang suka game. Nah, bagiku nyulam itu kayak main game. Seru. Apalagi kalau lihat hasilnya dan sekarang sudah bisa mendatangkan rejeki, jadi tambah semangat deh...

Oh, ya. Apa aja karya-karya sulaman yang dibuat oleh mbak soffi?
Dulu sih bikin tas dan abaya (alat solat yg seperti gamis-red), tapi sekarang udah ada yang ngerjain untuk gamis dan abayanya karena saya punya tiga penyulam, tapi kalau bros masih megang sendiri.

apa nih keunikan yang dimiliki oleh karya sulaman mbak soffi dengan Soffi Embroidery-nya?
Kalau sulaman itu, kan, lebih eksklusif karena nggak dibuat masal walaupun desainnnya sama, hasilnya kadang beda.

Oh, ya. Kalau Mbak Soffi sendiri gimana, tuh, strategi memasarkan produk-produknya?
Awalnya, sih, bikin blog tentang sulam, tutorial sulam pita sambil buat FB Soffi Embroidery... ‎  Nah, disitu orang kan mulai kenal, ya udah untuk pengenalan produk dari situ.

Menurut mbak sendiri gimana, tuh, antusiasme publik terhadap sulam-sulaman?
Semua itu kan kembali ke selera masing-masing, ada yang ngefans banget ama sulaman, ada yang biasa-biasa, tapi sekarang segala bentuk handmade mulai digemari dan dihargai termasuk sulam ini...

Oh, ya. Kalau untuk orang yang tertarik pengen menyulam. Apa, nih, Mbak biasanya hal yang paling sulit dan apa nih hrs terlebih dahulu dikuasai?
Pada dasarnya nyulam tuh gampang, dulu pas jaman SMP juga diajarkan dan rata-rata bisa, asalkan ada kemauan dan nggak putus asa pas belajar, karena ada orang yang gampang nerima ada juga yang susah, yang penting banyak latihan.

Practice makes perfect, ya, mbak hihi... Oh, ya. Apa, sih, mimpi yang dimiliki mbak Soffi dengan sulaman-sulamannnya?
Yup... Ya, pengen punya kegiatan yang menghasilkan tentunya walaupun hanya dirumah, terus juga pengen banyak kenalan....



Hal apa yang membuat mbak Soffi terus bisa bersemangat di dunia handmade?
Di sini aku banyak kenalan baru, terkadang dapet semangat baru dari mereka dan yang aku suka, handmade banyak disukai baik tua maupun muda. Seneng deh kalau mereka bilang suka dengan apa yang aku buat....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails