2.8.12

Memberdayakan Kreativitas Bersama Esta Saviantara

Mencari rejeki di rumah dengan boneka-boneka berkaki nan unik adalah aktifitasnya. Esta Saviantara bukanlah sekadar crafter belaka, namun lebih dari itu, handmade bagi perempuan yang satu ini adalah sebuah pemberdayaan dari kreativitas yang mampu menggapai mimpinya meski hanya dari sebuah kehangatan bernama rumah.

Apa gerangan yang dibikin oleh Esta?
Boneka.... tapi akhirnya bikin bantal juga. Aku bikin bantalnya sablonan. Kalau boneka itu aku bikin terinspirasi dari blognya para ibu-ibu bule yang stay at home mom tetapi tetap bisa berkarya. Kemudian aku mulai gambar-gambar pola. Pertama kali yang aku bikin jerapah. Pola digambar, kemudian diterapkan pada kain, digunting lalu dijahit. Sebetulnya aku awam dengan mesin jahit, tapi aku nekat beli online.

Hoooo keren... pa tuh yang mendasari kenekatannya?
Barangkali sama dengan ibu-ibu yg lain, mengatasi stress karena musti tinggal di rumah terus. Selain itu, dari sana mengalir income....


Oh, ya. Kenapa kepikirannya bentuk-bentuk binatang? ide awalnya gimana, tuh, ceritanya?
Karena binatang dekat dengan anak-anak dan kepikirannya pertama kali pasarku adalah anak-anak. Selain itu, tentu saja karena lebih mudah dibuat dari segi bentuknya. Kalau bikin doll agak ribet karena harus bikin rambut segala. Jadi aku milih untuk bikin binatang yang berkaki.

Dari mana, nih, Esta belajar jahit-jahit dengan keawamannya itu?
Dulu sih dari SMP sudah ada pelajaran tata busana, menjahit kemeja. Tetapi waktu itu aku menjahit dengan tangan, bukan dengan mesin. Kemudian lulus kuliah enggak dapet-dapet pekerjaan dan minta dibeliin mesin jahit, tetapi ortuku kurang suka. Hingga aku menikah lalu punya anak, kemudian ada desakan untuk membeli susu formula, popok sekali pakai dan lain sebagainya, aku butuh pendapatan. Mikir-mikir ngelamar kerja di mana, secara di cinere bukan daerah berlapangan kerja. Sampai kemudian lihat acara kick andy show. Di sana ada tayangan seorang sarjana teknik geodesi ITB yang banting setir menjadi pengusaha boneka. Terus dia punya slogan: Selama masih ada ibu mengandung, bisnis boneka tak akan rugi. Ya sudah, aku mulai, deh, beli mesin jahit.

Hmmm... Menurut Esta, handmade itu apa sih?
handmade adalah produk yang dibikin dengan menggunakan tangan manusia. Biasanya produk kerajinan, ya. Craft dan biasanya produk dibuat mengikuti keinginan konsumen umumnya. Berbeda dengan arts yang produsennya membuat dengan sekehendak hatinya



Nahhh… Omong-omong tentang keinginan konsumen, nih. Apa kelebihan atau keunikan karya-karya Esta sehingga beda dengan produk massal pada umumnya?
Aku sangat memilih pada warna kain, corak kain, dan kombinasinya. Aku biasa menggabungkan warna yg berseberangan, kemudian corak besar dikombinasikan dengan corak kecil. Aku juga menghindari batik karena menurutku batik sebagai boneka kurang merakyat dengan anak-anak, berbeda dengan pakaian dari batik untuk anak-anak. Selain itu serat kainnya juga lebih longgar, berbeda dengan katun-katun jepang yang aku pakai di bonekaku.


Apa, nih, kejaran terdekat yang pengen diraih Esta?
Target yang ingin diraih saat ini aku ingin menjadikan karyaku ini sebagai ajakan pada ibu-ibu muda untuk lebih giat mengais rejeki walau tinggal di rumah. Apa saja bisa diraih asal ada kemauan. Bahkan bikin label di rumah juga jadi, foto produk juga bisa bagus, yang penting tetap belajar.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails