29.6.12

Tsabita dan Boneka-Boneka Edukatif

Jika selama ini boneka seringkali hanya dijadikan pajangan atau teronggok begitu saja di pojok kamar, tidak demikian halnya dengan boneka yang satu ini. Tsabita Boneka Puppet justru anti menjadi barang pajangan semata. Mengusung gagasan tentang edukasi, Tsabita lalu menerjunkan diri dalam pembuatan boneka-boneka super unyu dengan berbagai inovasi di dalamnya.



Halo Bu Ira, apa kabarnya nih Tsabita? Sedang sibuk apakah?
Alhamdulillah baik, Tsabita Boneka sekarang sibuk mengerjakan pesanan dari pelanggan kami dari Malaysia, terutama untuk moslem softdoll,  dan  Indonesia lebih ke produk boneka tangan karena sekarang menjelang tahun ajaran baru.

Sejak kapan sebenarnya Bu Ira menekuni dunia pembuatan boneka? Gimana, tuh, cerita awal kisahnya?
Kira-kira sekitar tahun 2003. Awalnya saya ingin membuat boneka untuk anak perempuan saya sendiri, boneka yang bisa di bongkar pasang bajunya untuk melatih motorik halusnya, tapi boneka itu bahannya harus aman dan lembut karena anak saya masih balita. Dari sinilah timbul ide membuat boneka anak berjilbab dari kain karena bisa dicuci kalau kotor. Ternyata setelah jadi bukan hanya anak perempuan saya saja yang senang, anak-anak teman saya juga suka dan beberapa teman saya tertarik dan minta dibuatkan boneka yang sama untuk dipasarkan olehnya. Sejak itu saya menyadari kalau boneka buatan saya layak jual. Maka saya mencoba menitipkan ke stand kenalan saya di Islamic Book Fair (2003) di Jakarta sekitar 50 boneka yang tanpa diduga habis dalam waktu sehari. Sejak itu saya dibantu suami mantap mengalihkan fokus ke bisnis pembuatan boneka. bahkan suami saya total mendukung dan melepaskan pekerjaanya sebelumnya. Seiring masuknya pesanan yg bertubi-tubi  kami mulai mengajak beberapa tetangga dekat rumah yang mau membantu menjahit dan memotong serta finishing dan mengajarinya hingga bisa, tadinya semua kami kerjakan hanya berdua dari memotong sampai finishing.

Boneka-boneka seperti apa aja, sih, yang dibuat oleh Bu Ira?
Awalnya saya hanya membuat moslem sofdoll, saat itu anak saya yang pertama masih TK dan saya melihat sarana pendidikan yang berupa boneka tangan masih sangat susah dicari. Dari sinilah timbul ide saya membuat boneka tangan profesi untuk anak karena salah satu kurikulum TK adalah mengenalkan profesi kepada anak. Alhamdulillah boneka tangan profesi ini banyak yang menyukai sehingga mulai banyak yang mencontoh produk-produk kami ,boleh dibilang kami termasuk pionir pembuat boneka tangan profesi di Indonesia. Setelah boneka tangan profesi kami diberitakan di beberapa media waktu itu, datanglah orang yang bekerja di USAID Jakarta yang minta tolong dibuatkan boneka tangan yang seperti muppet bisa buka tutup mulut untuk kepentingan penyuluhan. Bayangkan tanpa contoh yang bisa dipegang  saya harus mengarang pola boneka muppet yang saya belum pernah sama sekali menyentuh apalagi membuatnya. Alhamdulllah setelah beberapa hari  berusaha membayangkan bonekanya secara 3 dimensi  jadilah prototipe boneka muppet cablak kami yang pertama kali yang masih sederhana, yang diterima dengan senang hati oleh pemesan kami. Oh, ya.. karena banyaknya permintaan dari ibu-ibu berupa boneka untuk mendongengi anaknya di rumah sedangkan boneka tangan profesi  terlalu memakan tempat jika beli satu set (ada 12 macam profesi) untuk pribadi maka kami mulai membuat boneka jari profesi. Lama-lama karakter yang kami buat semakin banyak dan berkembang seperti  karakter binatang dan keluarga. 


 Apa sebenarnya konsep yang diusung dari karya-karya Tsabita?
Konsep kami Educate and Entertaining, karena kebanyakan produk kami dipakai untuk sarana mengajar dan mendongeng. Kami tidak ingin boneka produk kami menjadi pajangan, bagi kami itu adalah kesalahan penggunaan produk kami, jadi produk kami harusnya  bisa dimainkan oleh anak  dan digunakan sebagai sarana bercerita bagi orang tua , pendidik, dan para pendongeng. Dari sanalah manfaat produk kami bisa dirasakan.

Menurut Bu Ira, apa keistimewaan dari sebuah boneka itu sendiri?
Bagi saya boneka itu kegunaannya sangat fleksibel utuk anak. Ia bisa melatih koordinasi mata dan tangan bahkan pendegaran juga kalau diberi bunyi-bunyian, bagi anak-anak, balita-SD, selain bisa melatih motorik halus mereka, juga bisa mengembangkan daya imajinasi mereka dan juga bisa memberikan rasa nyaman dan menjadi teman yang menyenangkan. Bagi Orang tua dan pendidik juga pendongeng dengan sarana boneka dan bercerita, karakter anak bisa kita bentuk menjadi lebih baik dan  juga untuk memperlancar komunikasi walau tidak dengan bercerita. Beberapa guru TK mengatakan  ke saya boneka tangan sangat menolong untuk menjadi ice breaker di awal kegiatan belajar mengajar di sekolah sehingga anak memiliki mood untuk terus belajar.


Apa, nih, rencana jangka panjang dan jangka pendek yang sedang dijalani oleh Tsabita?
Rencana jangka pendeknya kami ingin menambah sdm  yang tidak jauh-jauh dari rumah kami. Jangka panjangnya tentu kami ingin mempunyai workshop terpisah dari rumah karena sekarang masih jadi satu.


Hal apa yang paling menginspirasi Bu Ira dalam berkarya?
Inspirasi utama tentu anak-anak saya. Jika saya membuat desain produk yang baru saya selalu bertanya ke anak-anak saya cocok tidak dengan selera mereka? Karena tujuan utama produk saya adalah untuk anak-anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails