24.5.12

Menikmati Mimpi Krisna Homemade

Marina, pemilik Krisna Homemade adalah crafter yang sangat rumahan alias berkarya di rumahnya. Meski demikian, sudah barang tentu tak bisa begitu saja menyepelekan karya-karya dari perempuan yang satu ini. Bercakap-cakap dengan Marina lalu menyuguhkan kenyataan bahwa tak membutuhkan banyak syarat ini itu, just do it, dan mimpimu jadi kenyataan. Hehehe…

Marina banyak membuat karya bags. Bags seperti apakah gerangan?
Kebanyakan, sih, wallet hp organizer, walaupun awalnya aku bikin tas dari bahan flannel pada awal berdirinya Krisna Homemade. Semuanya berawal dari tangan yang enggak bisa diem. Pulang kerja males cuma nonton tv doang, akhirnya nyambi bikin bikin tas. Nahhh... ide pertamanya pengen tas flannel, karena aku dapat inspirasi waktu misi budaya ke Eropa, waktu itu kesana dalam rangka festival nari tradisional. Terus negara India ikutan festival itu juga. Mereka buka stand jualan dan ada tas flannel bagus banget. Dari situ aku kepikiran buat bikin tas flannel. Mulainya di Agustus 2010 dengan brand awal Uye Flanel. Terus perkembangannya, tas flannel  kurang laku, karena flannel  lokal enggak sebagus yg kayak tas aku beli. Akhirnya bulan Januari 2011 nyoba bahan katun kanvas dan nerima tantangan temen yg minta dbuatin organizer. Karena konsentrasi aku enggak lagi cuma di bahan flannel, aku ganti nama jadi Krisna Homemade.


Terus bisa bikin-bikin tas dan organizer gitu gimana? Belajar darimana?
Enggak belajar dimana mana. Kalau modelnya, aku ngebayangin model aja. Terus digambar, dicoba-coba. Kalau jahitnya, ya, nyobain mesin jahit aja.

Krisna Homemade sendiri sistem pembuatan karya-karnnya custom order atau gimana nih emang?
Awalnya custom order. Tapi sekarang juga pakai ready stok. Pertimbangannya kalau custom order aku enggak bebas nuangin ide aku dan itu jadi membosankan, hehe…


Betulss.. hehe. Nah, kan, kamu bilang kamu homemade, industri rumahan. Apa sih sebenarnya tantangan terbesar dari usaha rumahan itu menurut kamu?
Bikin hal kecil menjadi besar. Berawal dari modal kecil, lingkup produksi kecil, tapi bisa punya nama besar, hehehe. Hambatannya saat harus ngeyakinin orangtua. Stigma umum, kalau orang selesai kuliah itu kerja kantoran, sedangkan untuk mewujudkan harapan tadi, enggak bisa aku sambi. Satu setengah tahun aku coba katak gitu, hasilnya blm maksimal.

Nah, ngomongin ortu, menurut kamu, apa sih yang membuat di Indonesia itu, enterpreneur muda itu seringkali hanya dilihat sebelah mata?
Karena itu bidang keterampilan yang menurut sebagian orang hanya butuh skill, enggak perlu sekolah tinggi. Tapi sebenarnya dengan pendidikan tinggi, kan, manajemen dan pengelolaannya akan lebih baik. Ya, orang masih ngelihatnya yang hebat itu orang yang kerja di gedung tinggi. Padahal jd crafter itu idenya sangat mahal. Ya, menurut aku kalau orang mau berhasil kejar mimpinya, harus berani ambil keputusan yang beda dan enggak selalu di comfort zone.

Emang apa nih rencana-rencini yang bakal dijalanani oleh Krisna Homemade?
Planning-nya yang paling deket lagi rencana bikin buku dan masih kejar bikin produksi yang banyak. Kalau jangka panjng Krisna Homemade bisa sampai eropa, prancis, hehe…

Buku apa tuhhhh….?
Buku kerajinan tangan, judulnya masih rahasia. Lagi tahap perjanjian kontrak sama penerbit dan di dalamnya pastinya ada cara bikin organizer, hehe…


Oh, ya. Krisna Homemade sendiri sampai saat ini peredaran barang-barangnya udh kemana aja, tuh? Gimana cara mengedarkannya?
Penjualan udah keliling Jakarta, Jawa, Sumatra, Kalimantan, Australia. Kalau marketingnya lewat Facebook ama blog. Belum punya BB, sih. Jadi belum bikin grup di BB.


Hal apa sih yg menginspirasi Krisna Homemade?
Inspirasinya.... I wanna be my own boss. Buka lapangan kerja buat orang lain dan bekerja dari hati.


3 komentar:

  1. makasihh tobucil buat postingannya.... :)... hidup crafter... go go go para seniman

    BalasHapus
  2. sukses terus utk Krisna Homemade :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sukses terus ya Krisna.

      suka deh dengan orang muda berkarya.

      Hapus

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails