18.5.12

Gulungan Kertas BJBJ

Ternyata, bukan hanya ombak saja yang hobi bergulung-gulung. Di tangan BJBJ, kertas warna-warni pun menggulung-gulung ria. Menyukai dunia gulung-menggulung kertas alias paper quilling semenjak SMA, BJBJ semakin intens mendalami seni menggulung kertas ini.

Unik nih namanya BJBJ. Apa, sih, artinya?
Karena itu adalah pengulangan namaku. Jadi semacam menunjukkan kalo bjbj ini adalah bentuk kepribadianku yang dituangkan di sebuah nama produk gitu.

Emang kepribadiannya kayak gimana, tuh, hehe…
Kepribadiannya riang, ceria, gembira, tak kenal galau, hihi…

Apa, sih, karya-karya yang dibuat oleh BJBJ dari hasil eksplorasi paper quilling?
Karya yang dibuat itu biasanya hiasan-hiasan gitu. Buat block notes, kotak kado. Terus bikin aksesoris buat para perempuan.


Gimana ceritanya gerangan BJBJ bisa tertarik ke paper quilling?
Dulu waktu sma suka banget, kan, koleksi kertas kado, bikin sesuatu dari kertas lipat, terus nemu kertas bergelombang gitu pas kuliah. Nah, mulai dari situ suka gulung-gulung kertas, tapi waktu itu belum tahu kalau namanya paper quilling. Pas semester dua kuliah baru deh tahu namanya paper quilling. Nah, dari situ baru deh nyari-nyari kertas yang bisa dipakai untuk bikin paper quilling.

Kesulitan apa yang ada ketika baru pertama belajar paper quiling? Terus apa sih seru dan asiknya paper quiling itu sebenarnya?
Kesulitan sih gak, soalnya referensi untuk belajarnya banyak di internet. Dan lagi kalo udah bikin paper quilling itu selalu bikin penasaran selesai karyanya gimana. Itu yg bikin jadi menyenangkan.

Kalau melihat di blognya, BJBJ ampe bikin workshop segala. Ceritain dong gimana tuh peminatnya? Metode belajarnya seperti apa?
Workshop itu belajar bareng yang menyenangkan. Jadi BJBJ berbaginya juga berusaha untuk membuat paper quilling itu menyenangkan. Kalau untuk peminatnya rata-rata orang yang belum tahu paper quilling dan baru mengenal seni kertas ini. Jadi begitu tahu langsung jatuh cinta deh.

Langsung banyak yang ngefans, ya, hehe… Oh, ya. Untuk belajar paper quiling itu sendiri butuh waktu lama enggak, sih, sebenarnya?
Enggak juga, sih. Soalnya kalau sudah menyentuh paper quilling pasti ketagihan dan keterusan. Jadi sekitar 2-3 hari sudah handal.

Apa, sih, keunikan karya-karya yang dibuat oleh BJBJ?
Karena BJBJ ini dari kertas dan bentuknya yang mungil bikin jadi unique selling point utama.

Oh, ya. Kertas apa yang bisa dipakai buat paper quilling? Ada kriteria khususkah?
Kriteria khusus sih enggak ada. Sebenarnya bisa pakai kertas apa aja. Tapi yang dipakai sama BJBJ biasanya spectra color (hvs 80gsm) yang warna-warni gitu.

Hal apa yang menginspirasi BJBJ untuk terus berkarya handmade?
Yang menginspirasi sih banyak, ya. Salah satunya melihat orang di luar negeri sana bisa membuat sebuah karya yang hebat dan kelihatan luar biasa, kenapa aku nggak bisa. Itu yang kemudian menjadi dorongan BJBJ untuk membuat karya handmade secara terus-menerus. Ya, walau banyak keterbatasan bahan baku tapi bisa diakali dengan jalan lain.
+62 81804103443
 
(Nugraha Sugiarta)

1 komentar:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails