11.5.12

Gebrakan ilovecha

Gebrak-gebrak ternyata bukan saja terjadi di atas meja, namun juga berlaku di dunia handmade ala ilovecha. Risa adalah seorang crafter yang sudah memulai pergerakannya semenjak dari jaman ababil alias semenjak lepas dari bangku SMA. Perempuan yang bercita-cita menjadi seorang arsitek ini lalu membelokkan mimpinya untuk terus berkarya di dunia handmade. Menggenggam dunia dengan caranya.

Karya-karyanya ilovecha ini tampak rombongan sekali, hehe… Apa saja gerangan sebenarnya yang dibuat oleh ilovecha?
Sebenernya aku pertama buat tas, tapi pas udah jalan aku kepincut pengen buat yg lain. Ada boneka, dompet, tempat kacamata, brooch, keychain, sajadah, cushion, dan lain-lain.

Pertanyaan sok serius, nih… Apa, sih, sebenarnya kebaruan yang hendak ditawarkan oleh ilovecha dalam tiap karya atau produknya?
Kebaruan yang ditawarkan lebih ke keberanian memadukan warna yang enggak senada. Memanfaatkan sesuatu yang biasa nya di buang, membuat sesuatu yang cantik dipandang dan awet dalam kualitas.

Ilovecha sendiri sudah sejak kapan aktif berhandmade ria? Ceritain dong perjuangan jatuh bangunnya…
Aku berhandmade-ria sejak aku lulus SMA, sekitar kurang lebih 1,5tahun yang lalu. Dari sebelum UAN kelas 3, orangtuaku udah bilang kalau mereka enggak akan nguliahin aku. Alasannya simpel, karena takut pergaulan jaman sekarang,dan memang hampir semua keluarga besarku pengusaha. Awalnya aku berontak, apalagi sedari SMP sudah bercita-cita menjadi arsitek. Tapi setelah dikasih pengertian, akhirnya aku mengambil keputusan untuk menjadi pengusaha ‘’cilik’’, hehe… Aku sendirian memulai bisnis ini dengan modal dukungan penuh orangtua, dan beberapa meter kain tenun yang di beliin mama. Dulu nama produk ku ‘’cha’’ aja. Aku dengar-dengar kok enggak bagus, ya, hehe… Akhirnya aku ganti ‘’ilovecha’’. Cha itu singkatan dari Crafts Handmade’s Architect. Ketika aku merasa cita cita ku menjadi arsitek bangunan tidak tercapai, maka kini ku bulatkan tekat ku menjadi arsitek craft dan handmade..


Apa sebenarnya hal paling utama yang bikin ilovecha bisa bertahan di dunia craft-craft-an?
Tantangan menjadi crafter adalah ketika kita dituntut harus bisa membuat produk baru menurut ide kita sendiri dan itu bukan sesuatu yang mudah karena ide kadang-kadang enggak mau muncul. Dengan ikut-ikut bazar, pameran, memperkenalkan produk kita secara face to face, karena dengan seperti itu akan terbangun interaksi antara aku dan pembeli. Terus mengekplor kreativitas, memunculkan produk-produk baru, mempertahankan kualitas serta pelayanan kepada pembeli.

Di blognya ada kalimat “mencoba sedikit, menggebrak dunia dengan caraku”, tampak seru gitu taglinenya, hihihi… gimana tuh cara Risa menggebrak-gebrak? Hehehe…
Hehehe, waduh menggebrak-gebrak. Aku selalu optimis memandang hidup ini, enggak mau kenal  sama yang namanya galau karena menurutku, apapun mimpi kita, apapun keinginan kita, kalau kita mau berusaha maksimal, kalau kita mau mengalami jatuh jatuh dan jatuh dalam kehidupan semua itu pasti bisa kita capai. Aku pengen berpengaruh pada Indonesia, atau bahkan dunia. Ketika aku bersungguh-sungguh menjadi crafter yang handal, maka saat itulah aku berpengaruh mengurangi pengangguran dengan menciptakan lapangan kerja. Bisa berbagi mimpi. Berbagi sukses dengan orang-orang yang mungkin kurang mampu. 


Menurut Risa, apa sebenarnya definisi dari handmade ?
Handmade itu suatu karya yang dibuat dengan tangan, dalam pengerjaannya membutuhkan ketelitian, ketelatenan dan waktu yang tidak sebentar. Hanya bisa dikerjakan dengan hati, tidak bisa dipaksa. Tapi handmade kadang masih sulit dipasarkan karena harga yang dinilai tinggi. Bagaimanapun handmade tetap eksklusif, unik karena ini adalah bagian dari seni, bahkan mesin pabrik pun tidak bisa menandingi nilai seni handmade, hehehe…



semangat seperti apa, sih, yang seharusnya dimiliki oleh anak muda di Indonesia khususnya para crafter-crafter lokal?
Yang seharusnya dimiliki oleh anak muda jaman sekarang adalah mental ya kuat, jangan gampang galau, hehe... Mumpung masih muda, mari menjadi bagian dari bangkitnya Indonesia. Untuk para crafter lokal semangat berkarya serta berbagi ilmu. Dengan terbaginya ilmu minimal kita bermanfaat bagi orang lain. Semoga kita bisa menginspirasi orang lain dengan karya kita, tidak hanya terinspirasi tapi menginspirasi.

2 komentar:

  1. Semangat semangat semangat !! Ilovecha maju teruus (dengan slogan anti galaunya haha ) !! " Semoga kita bisa menginspirasi orang lain dengan karya kita " setuju banget dik :)

    BalasHapus
  2. Artikle yang sangat keren, semoga sukses selalu

    Ingin Liburan Ke paket wisata karimunjawa dengan aman dan nyaman di karimunjawa ? Ingin Paket Wisata Karimunjawa dan gak murahan? Hubungi Kami "Raja Karimunjawa" biro lokal asli Karimun jawa . Untuk Book Paket Karimunjawa dan Tour Karimunjawa , silahkan hubungi kami karena kami biro karimunjawa dan trevel karimunjawa terpercaya. Paket wisata karimunjawa Murah tapi mewah, murah tapi gak murahan. Kepuasan Paket Wisata Karimunjawa anda di pulau Karimunjawa adalah kebahagia'an dan tujuan kami. Terimakasih telah mempercayakan paket wisata karimunjawa bersama kami Agen Wisata Karimunjawa dan furniture jepara. silahkan Untuk booking paket lebaran karimunjawa dan paket tahun baru karimunjawa

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails