9.3.12

Merenda dengan Imajinasi

Galuh adalah sang mentor baru kelas merenda Tobucil yang tak pernah absen membagi ilmunya saban sabtu. Ibarat sekolah, pun demikian halnya dengan Galuh. Bermula dari rumpi sang nenek di kala SD, petualangan merenda dan amigurumi terus berlari sampai akhirnya kemudian Galuh berlabuh di kota Bandung, hehehe… Nah, mari kita kenalan dengan Galuh sang pemilik Deluniq, keluarga baru Tobucil!

Dari kapan, nih, Galuh mulai bercrochet dan beramirugumi ria?
Mulai senengnya dari kelas 6 SD. Gara-garanya ngelihat teman nenek yang kalau lagi ngerumpi tangannya merenda. Akhirnya belajar, tapi waktu itu belum bisa buat pola, pokoknya cuman bisa ngerenda aja. Nah, terus pas aku kerja di Jakarta, ada temen di mess yang pinter banget merenda. Di sana baru tahu merenda ada polanya, dari sana mulai, deh, belajar lagi. Terus aku belajar merajut ke Upi di Tobucil. Kalau untuk amigurumi aku belajar sendiri.

Ketika dulu sudah bisa merenda, Galuh cuman hobi aja atau gimana, tuh, ceritanya?
Awalnya, sih, iseng. Jadi buat sendiri. Nah, terus kan guru merenda di Tobucil keluar, terus aku ditawarin untuk ngegantiin oleh Mbak Tarlen. Ya, karena aku bisa jadi enggak masalah dan pada dasarnya aku seneng men-explore, ya. Jadi bisa menggunakan benang apapun, enggak terpaku ke satu benang aja.


Gimana, nih, metode Galuh dalam mengajar? Apa yang diajarin?
Kalau aku, sih, pertamanya mengajarkan untuk menstabilkan tusukan. Jadi diajarin pola-pola yang simple-simpel dulu. Jadi awalnya bikin syal dulu, misalnya.


Apa, sih, hal paling susah yang ditemui ketika orang baru mau mulai belajar?
Kalau merenda itu awalnya mereka kesulitannya mengeluarkan benang dari kaitannya dan mereka merasa kurang rapi. Padahal itu tergantung orangnya juga, ya. Kalau masalah waktu belajarnya berapa lama, sih, bergantung dari daya tangkap mereka.

Kenapa merenda dan merenda amigurumi harus terpisah cara belajarnya?
Pertama, kalau yang merenda itu, kan, polanya banyak banget dan beda-beda.  Kalau amirugumi cuman itu-itu aja polanya, kebanyakan make single crochet. Kenapa dipisahkan? Karena kalau merenda biasa itu kan 2D, sedang kalau amigurumi itu 3D.

Oh, ya. Galuh baru bikin blog, ya? Untuk apa nih rencananya si blog itu,hehehe…
Blog aku itu untuk nampilin karya-karya aku dan juga menunjukkan bahwa crochet itu bisa banyak banget yang bisa digali. Enggak cuman bisa bikin tas gitu. Jadi merenda itu bisa membuat apapun yang kita imajinasikan. Bisa diulik sendiri. Nah, hal-hal gini yang suka enggak kepikiran ama itu. Semua orang sudah terpola bahwa kalau merenda harus begini-begini. Padahal cakupan merenda itu sangat luas.


Nah, pendapat Galuh sendiri tentang Tobucil?
Aku udah kenal Tobucil itu dari semenjak di Jakarta. Jadi Tobucil itu banyak orang yang berhubungan dengan seni, pokoknya banyak banget yang bisa di explore di dalem Tobucil. Di sini juga memberikan banyak kesempatan sekaligus membuka banyak jaringan dan orang-orangnya saling men-support. 

1 komentar:

  1. Artikle yang sangat keren, semoga sukses selalu

    Ingin Liburan Ke paket wisata karimunjawa dengan aman dan nyaman di karimunjawa ? Ingin Paket Wisata Karimunjawa dan gak murahan? Hubungi Kami "Raja Karimunjawa" biro lokal asli Karimun jawa . Untuk Book Paket Karimunjawa dan Tour Karimunjawa , silahkan hubungi kami karena kami biro karimunjawa dan trevel karimunjawa terpercaya. Paket wisata karimunjawa Murah tapi mewah, murah tapi gak murahan. Kepuasan tour karimunjawa anda di pulau Karimunjawa adalah kebahagia'an dan tujuan kami. Terimakasih telah mempercayakan paket wisata karimunjawa bersama kami Agen Wisata Karimunjawa dan jual furniture. silahkan Untuk booking paket lebaran karimunjawa dan paket tahun baru karimunjawa

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails