10.2.12

Ketika Pecinta Handmade Bersatu

Jika berbicara mengenai kreatifitas, Yogyakarta seolah tidak pernah ada habisnya. Ini kali Tobucilhandmade bercakap-cakap dengan Magic Fingers Syndicate (MFS). Sebuah persekutuan paling mutakhir yang digagas oleh beberapa pecinta handmade dari kota gudeg. Apa, sih, sebenarnya yang dilakukan oleh MFS? Ow.. ada kejutan apa pula di valentine ini dari MFS? Nah, daripada penasaran, simak saja langsung tanpa basa-basi. Yuk, mari!


MFS ini sindikasi apakah gerangan?
MFS ini adalah sindikasi atau komunitas crafter dan pecinta handmade, jadi kita semacam memberi wadah buat mereka.

Owww.. jadi siapapun bisa ikutan, ya? Kegiatannya sendiri ngapain aja, nih?
iya semuanya bisa ikutan, gak terbatas usia, gender, pekerjaan dan lain sebagainya. Kegiatannya itu kebanyakan bazaar, baik diadain sendiri atau nebeng acara orang, dan workshop. Ya, karena baru Oktober tahun kemarin dibentuknya jadi acaranya masih seputar itu.

Nah, sejarah berdirinya MFS sendiri gimana?
Awalnya itu hanya nongkrong, kumpul-kumpul dan ngobrolin handmade gitu aja. Terus kita pengen ngadain acara craft kayak Tobucil gitu karena di Jogja jarang acara seperti itu padahal jumlah yang menggeluti craft banyak. Nah, akhirnya semua setuju terus untuk bikin acara itu, kan, buat proposal. Kita butuh nama resmi atau nama komunitas. Akhirnya muncul begitu aja tuh namanya, hehehe… Efek dari kepepet deadline proposal, hahaha…

Apa, sih, yang seru dari handmade sebenarnya sampai MFS bergerilya membuat bazzar-bazzar?
Yang seru itu bisa kumpul dg sesama pecinta handmade. Bisa tukar informasi. Ya, bisa belajar dan lebih 'mendalami' masalah bisnis craft ini dengan org lain.

Hihihi, wah ternyata namanya dadakan. Oh, ya. Kalau workshop-nya itu kegiatan rutin, ya?
Untuk workshop sendiri belum ada kegiatan rutin. Jadi begini, kita setiap ngadain acara bazaar craft pasti sekalian ngadain workshop. Sampai saat ini, baru mau dua kali diadain workshop-nya, tapi kita memang udah ada rencana untuk bulan Maret atau Mei mau kita adain rutin
dan lepas dari acara bazaarnya.

Oh, iya. Liat d blognya tampaknya bakal ada seru-seruan bazzar valentine nih. Ceritain donggg….
Iya, ini acara kedua bazaarnya MFS yang kita adain dengan menggandeng Ladies Day Event (komunitas online fashion shop). Jadi ini acara khusus spesial valentine, selain ada bazaar handmade, ada garage sale, workshop spesial valentine, tarot reading, sama music perform. Ini adalah acara kedua MFS yg dibikin sendiri. Yang pertama itu Craft Carnival. Acara ini sengaja dibikin karena permintaan orang-orang yang pengen ada craft bazaar setelah Craft Carnival kemarin selesai. Terus biar ada tema, kita sengaja pilihnya pas mau valentine aja… Jadi catet nih… FESTIVE VALENTINE: 9-11 feb 2012, di View Cafe Babarsari (Depan Hotel Sahid Raya).

Oh, ya. MFS punya zine, ya?
Iya, sebenarnya agenda bikin zinenya itu akhir tahun kemarin tapi karena ada byk ajakan bazaar, jadi tertunda melulu, nah rencananya skrg zinenya itu mau di-launching pas acara festive valentine.

Konsep zinenya apa, nih? isinya apa ajakah?
Isinya yang pasti gak jauh tentang craft dan handmade. Jadi nanti ada tutorial handmade, tips, artikel masalah marketing yang simple dan berguna untuk para crafter, artikel tentang komunitas craft, dan lain-lain.

Oh, ya.  MFS sendiri ada rencana ekspansi kluar Jogja enggak?
Kalau ada yang membiayai kenapa tidak? Hahaha… Kita sempat gojek kere mau road show gitu. Tapi dalam waktu dekat kayaknya belum bisa karena di Jogja sendiri kita juga masih banyak ajakan.

Kalau misalnya aku tertarik niiihhh ikutan kegiatannya MFS, gimana nih cara mau gabungnya?
Gampang aja. Jadi sebenarnya MFS itu bukan komunitas yg harus ada formalitas. Kita hanya sebagai sarana informasi buat pecinta handmade dan crafter. Jadi setiap info bazaar yang bisa melibatkan crafter atau orang umum kita share di twitter, Fb, dan blog kita. Siapapun boleh ikutan dan berpartisipasi. Selain memberi info, kita juga mengadakan kegiatan untuk mereka, yaitu workshop dan bazaar.
Twitter @MagicFingersSyn
Facebook /http://www.facebook.com/pages/Magic-Fingers-Syndicate/


(Nunuw)



1 komentar:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails