12.1.12

Uniknya Jalanan Kota Kembang

Bandung adalah kota yang memiliki seribu pesona plus keunikan, tak terkecuali dengan nama-nama jalan yang dimilikinya. Banyak kisah, sejarah, sekaligus pula mitos yang ada di balik nama yang dimilikinya. Meski sebagian telah berganti nama, namun masih ada yang menggunakan nama pertama yang diberikan padanya. Tak percaya? Coba saja tengok beberapa nama-nama jalan unik yang ada di Kota Bandung dan makna yang terkandung di dalamnya berikut ini.

Jalan Braga Masa Lalu
Braga
Ini adalah salah satu jalan yang paling terkenal di kota Bandung. Bahkan, saking terkenalnya, tiap tahunnya selalu diadakan sebuah festival bertajuk “Braga Festival” di jalan ini. Pada masa Hindia Belanda, kawasan Braga sangat tersohor dan terkenal. Jalan Braga dijadikan ajang pertemuan untuk bertemu dengan handai taulan. Ngabaraga kemudian diartikan pula menjadi ngabar raga yang kurang lebih artinya adalah pamer tubuh atau pasang aksi alias dalam bahasa saat ini lazim disebut hangout!


Cikapundung
Terletak tak jauh dari Braga, jalan Cikapundung berada tepat di sisi sebuah sungai yang memiliki nama sama. Cikapundung menjadi menarik jika ditilik dari makna sejarah yang mengikutinya. Ya, jalan ini memiliki nama sama dengan sungai yang berada di sampingnya. Di tempat inilah bupati Bandung Wiranata Kusumah II memindahkan ibu kota Kabupaten Bandung pada tahun 1809.
 
Banceuy nan Sarat Sejarah
Banceuy
Saat ini Banceuy terkenal sebagai salah satu sentra elektronik di Kota Bandung. Keadaannya yang kini begitu ramai seolah menghapus catatan sejarah penting yang terdapat di dalamnya. Di sinilah dahulu berdiri penjara Banceuy yang salah satu selnya pernah dihuni oleh presiden Indonesia pertama, Soekarno dan di sini pulalah Soekarno muda menyusun sebuah pledoi-nya yang sangat terkenal berjudul “Indonesia Menggugat”.
  
Dalem Kaum
Semenjak dahulu, Jalan Dalem Kaum dan sekitarnya merupakan pusat ekonomi Kota Bandung yang cukup termasyur. Penamaan jalan ini sendiri konon untuk memberi penghargaan kepada bupati Wiranakusumah II yang dianggap sebagai founding father Kota Bandung dan dijuluki atau akrab dipanggil dengan sebutan Dalem Kaum.

Keramaian Cihampelas Saat ini
Cihampelas
Jalan yang satu ini terkenal sebagai pusat celana jeans di Bandung. Alkisah, nama Cihampelas diambil dari nama sebuah kolam pemandian yang ada di daerah ini, yakni kolam pemandian Cihampelas. Pada saat pembuatan kolam, disekitar tempat tersebut banyak terdapat pohon Hampelas. Menurut riwayat pula, sumber air yang digunakan untuk kolam tersebut berasal dari air yang berada di sekitar pohon Hampelas.

Wastu Kencana
Wastu Kencana adalah sebuah jalan yang terletak tak begitu jauh dari Braga. Di jalan ini pula terletak kantor Walikota Bandung. Mungkin tak banyak yang tahu apa dan siapa sebenarnya Wastu Kencana, padahal ia adalah anak dari seorang raja berjuluk Prabu Siliwangi (Prabu Linggabuana) yang sangat terkenal dan gugur di medan perang legendaris di masa lampau, perang Bubat. Wastu Kencana adalah raja di tatar Padjadjaran yang sangat arif dan bijaksana dan konon ia adalah raja yang mendapat pujian-pujian melebihi semua raja yang ada pada cerita-cerita parahyangan.

Tokoh Legenda Menjelma Jalan    
Tentu saja, masih banyak nama-nama jalan yang sangat unik lainnya di Bandung. Sebut saja Cikudapateuh, Cipeundeuy, atau Cileunyi. Namun, dari kesemuanya, ada satu lagi yang paling unik, yakni nama-nama jalan yang menggunakan nama tokoh dalam legenda di tanah Sunda. Tak percaya? Coba tengok beberapa nama jalan berikut ini: Sawunggaling, Mundinglaya, Ranggagading, Ranggamalela, Suryakancana, Ariajipang, Bahureksa, Gajah Lumantung, Sulanjana dan lain sebagainya. Tahukah Anda berasal dari legenda apakah nama-nama jalan tersebut? Hmm… supaya lebih seru, mengapa tidak mulai mencari data-data sejarah dan berbagi tentang uniknya jejalan di Bandung bersama Tobucilhandmade!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails