Follow by Email

Jumat, 18 November 2011

Menyelami Jejak-Jejak Andry Moch

Galeri Soemardja tampak riuh rendah. Keramaian tak biasa hadir di sana beberapa waktu lalu. Saya yang datang agak terlambat ternyata masih disuguhi lalu-lalang hiruk pikuk yang disajikannya. “Not Fade Away”, sebuah pameran yang mengetengahkan karya Andry Moch (Alm) adalah penyebabnya. Ya, seniman kontemporer penuh bakat tersebut ternyata masih memiliki kekuatan yang mampu menyedot perhatian, meski ia telah berpulang semenjak 2008 silam.

Seluruh penjuru ruangan itu telah penuh dengan karya-karya lawas yang pernah dihasilkannya. Sebagian besar adalah karya-karya yang sulit dianggap konvensional. Ya, Andry Moch memang seniman yang tak biasa. Ketika banyak seniman-seniman menghasilkan karya-karya pongah berkelas tinggi, Andry justru sebaliknya. Dengan enteng ia memberikan penyegaran baru dengan mengetengahkan karya-karya yang seakan menolak kemapanan khas seni rupa namun tidak berkesan murahan.
 

Jika dahulu saya selalu melihat karya Andry secara terpisah, maka di Soemardja saya seperti dimasukkan ke dalam sebuah bola besar yang mengetengahkan sebagian besar kisah berkeseniannya dengan cukup komplit. Kejujuran berkarya yang dimiliki oleh lelaki jebolan Seni Rupa UPI ini adalah kejujuran paling manusiawi yang mencoba mengelak dari teori-teori. Karya-karyanya tidaklah hipokrit, namun sinis di beberapa bagian. Praktik berkesenian yang dilakukannya menyentuh keseharian. Nakal, diselipi unsur-unsur humor, tanpa menghilangkan esensi dari makna hakiki seni itu sendiri.


Mungkin tak banyak yang bisa saya ungkapkan di tulisan ini, akan tetapi, artefak-artefak Andry memang bukanlah benda mati yang tidak bersuara. Kepergiannya, harus diakui merupakan kehilangan yang paling mendalam, namun, melalui kepergiannya pulalah kita kemudian belajar banyak. Belajar jujur pada seni. Belajar menawarkan kebaruan meski mungkin bertentangan dengan struktur mapan yang kadung di cap lebih menjanjikan.

Google Twitter FaceBook

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails