7.10.11

Dini Hari Bersama Toscaberries


Apa sebenarnya hubungan paling signifikan antara handmade dan musik? Tentu agak sulit mencari kemesraaan yang terjalin di antara keduanya. Lalu apa hubungannya antara Toscaberries dan Cranberries? Nah, kalau yang ini sudah barang tentu agak memiliki konektivitas yang ajeb-ajeb. Toscaberries adalah penggemar Cranberries yang senang membuat karya-karya handmade. Ah, lalu apa hubungannya Cranberries dengan tulisan kali ini? Silakan pikirkan sendiri, hahaha. Well, yang pasti, kali ini kita kedatangan seorang perempuan bernama Regina Haryanti sang penggagas Toscaberries. Pertemuan kami melalui dunia maya nyaris selalu terjadi pada dini hari. Dan pada dini hari yang paling seksi yang pernah saya temui, saya pun menguntai kembali kata demi kata dari percakapan subuh tersebut…

Kenapa, sih, dinamain Toscaberries? Kenapa enggak Blackberry, hehehe…
Toscaberries itu sebenarnya adalah nama yang saya pakai sebagai nickname untuk chatting di jaman saya sekolah dulu. Saya sangat mengidolakan grup band Cranberries dan sangat suka warna tosca, sehingga kalo digabung hasilnya adalah TOSCABERRIES:D Pada saat saya membuat blog, lagi-lagi nama ini yang menjadi favorit saya, akhirnya nama ini jugalah yang saya jadikan nama brand untuk produk-produk saya.  


Ceritain, dong, tentang sejarah awal terbentuknya Toscaberries?
Toscaberries lahir begitu saja di suatu hari yang indah, ahahaha. Sebenarnya saya sudah lama menerima pesanan aksesori handmade, tetapi tidak dengan nama Toscaberries. tadinya membuat aksesori handmade bagi saya adalah hobi, sehingga saya tidak berpikir untuk memberi nama untuk produk saya, apalagi mempromosikannya. Nah, tahun-tahun belakangan ini saya banyak melakukan blog hopping kesana kemari, dan saya menjadi sangat termotivasi untuk mulai serius dengan hobi saya itu. Akhirnya saya memulai langkah pertama dengan memiliki sebuah blog dan dari blog Toscaberries inilah semua berjalan begitu saja hingga sekarang.
  
Produk-produk apa aja, nih, yang dibuat oleh Toscaberries?
Kebanyakan adalah aksesoris seputar kalung dan jepit rambut, untuk perempuan dewasa maupun perempuan-perempuan mini^^ tetapi ada juga produk lain seperti ring pillow dan clutch contohnya.


Apa yang ada di benak Mbak Regina ketika mendengar kata “handmade”?
Handmade… sesuatu yang dikerjakan secara personal, dengan berhati-hati, dengan harapan akan menghasilkan sesuatu yang indah dan unik sehingga akan dihargai sangat oleh si pemakainya, cieee:D

Cikitiw, hahaha. Oh ya, hal apa, sih, yang mendasari Toscaberries mau berterjun-terjun ria ke ranah craft sampai saat ini?
Ada banyak hal yang saya dapatkan sejak berterjun-terjun ria, hehehe, ada rasa bahagia dan ketagihan ketika mengetahui ada yang menyukai karya saya, ini sangat membuat saya ingin terus berkarya dan belajar. Teman saya juga bertambah banyak dan sebagian besar adalah para crafter hebat dari indonesia yang sangat menginspirasi.

Mbak regina sendiri ngeliat gerakan handmade lokal saat ini gimanakah?
Gerakan handmade lokal belakangan ini berkembang sangat pesat. Menurut saya perlu ada suatu wadah besar untuk menampung crafter indonesia, jadi semangat craftingnya bisa terus dijaga. Kalo saya perhatikan handmade hasil binaan-binaan daerah sudah sangat didukung pemerintah belakangan ini. Ada pameran rutin agar mereka bisa memperkenalkan produknya di luar maupun dalam negeri. Nah, tapi yang individual masih belum dilirik, nih…

Pengalaman apa yang paling berkesan yang pernah dialami Toscaberries selama aktif di dunia handmade?
Semua pengalaman berkesaaannnn^^ labil kalo disuruh milih yang “paling” hahaha.

2 komentar:

  1. inspiring. aku suka sekali bandonya <3

    BalasHapus
  2. hahaha suka sekali sama paragraf pembukamu deh mas nunuw, thankyu so much^^ hope to see you n mb tarlen one day di tobucil:)

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails