14.8.11

On Day Monday - Natura Kusumadewi, Owlie Lolie

Peluang Bisnis Burung Hantu


Berawal dari tempat pensil owl buatan tangannya sendiri, Natura yang akrab disapa Nana memulai Owlie Lolie. Buatan tangan Nana ini ditaksir banyak temannya. Pada saat itulah Nana mulai menerima pesanan custom berbagai macam produk dari bahan flanel, katun dan kanvas. Tadinya, produk-produk yang dihasilkan Nana hanya dijual dengan harga Rp 10.000,-. Lama kelamaan, ketika dirasa tuntutannya semakin banyak, Nana mulai mencari cara untuk menaikkan nilai produknya. Misalnya saja dengan menambah berbagai fitur seperti busa dan furing.


Dalam produksi Owlie Lolie, Nana masih melakukan semua prosesnya sendiri. Mulai dari mencari bahan, membuat pola, menjahit, sampai foto produk. Bisa dikatakan Nana adalah single fighter dalam hal ini. Karena ini jugalah Nana membuat produk by order. Artinya Nana membuat contoh produknya dulu untuk nantinya akan diperbanyak sesuai dengan pesanan. Produk-produk yang sudah dihasilkannya sampai saat ini adalah tempat pensil, tempat hp, keset handuk, tas, dan lain-lain. Saya sempat bertanya kepadanya, terpikirkah untuk keluar dari sistem made by order ini dan memproduksi produk dengan kuantitas yang lebih banyak.Ternyata Nana sedikit menolak ide ini. Dia ingin tetap menjaga esensi dari setiap produknya, yaitu personal dan eksklusif. Bahkan beberapa tawaran re-seller yang datang padanya juga sempat ditolak. Seperti inilah idealisme Nana dalam Owlie Lolie.



Jika berbicara mengenai Idealisme, burung hantu yang menjadi ikon Owlie Lolie saat ini sangat mewabah. Hal ini ternyata pernah mengusik idealismenya. Nana mengaku, dia sempat terpikir untuk meninggalkan burung hantu karena ini. Namun ternyata dia terlalu sayang dengan burung hantu untuk meninggalkannya. Kata Nana, burung hantu adalah ikon yang membuatnya terjun ke dunia ini. Burung hantu pula yang menjadi peluang bisnis baginya, dengan keuntungan yang lumayan. Lagipula, walaupun bentuknya serupa, Nana tetap yakin bahwa barang-barang handmade akan berbeda jika dikerjakan oleh dua orang yang berbeda. Berdasar keyakinan itulah, Nana tetap yakin dengan image burung hantu yang ada pada Owlie Lolie. Lebih lanjut baca di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails