22.7.11

Obrolan Santai Bareng Tante Yen

Tante Yen adalah seorang perajut yang juga dengan senang hati riang gembira menyediakan benang-benang rajut bagi siapapun yang membutuhkannya. Ditemui di tengah kesegaran Taman Ganesha beberapa waktu yang lalu, pemilik Rumah Rajut Yen ini bercerita dengan ditemani kicau burung dan hangatnya matahari mengenai dunia rajut merajut.

Kenapa, sih, Tante Yen tertarik menjadi penyedia benang rajut?
Ya… seneng aja, sih. Ya, kan, saya jual benang, jadi saya berkepentingan untuk menyediakan benang, hehehe.

Kalau rumah Rajut Yen sendiri sudah dari kapan, tuh?
Sudah dua tahun. Jadi ada pabrik tenun yang mensuplai. Saya hanya menjual saja. Dan saya juga sering mengadakan acara kumpul-kumpul, ya sekalian untuk promosi. Di gereja juga aktif. Saya juga suka mendatangi komunitas-komunitas rajut.

Gimana, tuh, awalnya?
Awalanya saya hanya bawa benang, mendatangi orang-orang. Ya, tadinya cuma iseng, peminat makin banyak, ya, sudah akhirnya saya jual. Udah gitu saya, kan, ngajar juga. Jadi kalau murid-muridnya susah mencari benang saya sediain. Mobil saya jadi penuh benang, akhirnya, ya, saya memilih untuk membuka toko.


Tante sejak kapan mengajar merajut?
Wah, mengajar,sih, dari dulu. Awalnya ya dari gereja. Jadi kita bikin kelompok pelatihan, kemudian mengajar merajut.

Oh, ya. Tante sendiri kenapa suka merajut?
Karena hobi aja. Dari kecil memang suka merajut. Jadi dulu belajar dari nenek. Saya satu keluarga memang senang merajut, jadi ikut-ikut deh. 


Apa yang susah dari merajut, sih, Tante?
Ya… itu kalau yang enggak minat pasti merasa susah. Tapi, kalau yang minat pasti bisa asal bisa berkonsentrasi. Merajut itu sebenarnya bisa melatih konsentrasi. Kalau bisa berkonsentrasi kita tidak akan merasa susah untuk merajut. Merajut juga melatih kesabaran. Ketika membuat rajutan, harus memiliki ketekunan dan kesabaran agar menghasilkan sesuatu.

Menurut Tante, bagaimana seharusnya dunia rajut-merajut yang ideal?
Saya pikir ini suatu peluang, ya, untuk ibu-ibu yang biasanya hanya duduk-duduk ngobrol, dengan merajut mereka bisa berkreativitas dan menambah penghasilan dengan membuat barang-barang rajutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails