1.4.11

Melihat Diri Pada Project #00


Manusia adalah objek sekaligus subjek yang tidak akan pernah ada habisnya untuk dibahas. Pembahasan mengenai makhluk yang satu ini tersaji dalam berbagai medium. Pun demikian halnya dengan gelaran pameran fotografi bertajuk Project #00 yang berlangsung di Galeri Soemardja ITB pada akhir Maret 2011 lalu. Manusia menjadi tema utama yang kemudian menjadi perhatian tujuh seniman fotografi dan video ini.

Project #00 ini sendiri merupakan ruang yang diberikan oleh Jendela Ide bagi kaum muda untuk berorientasi, merumuskan diri, serta merespon dunia di luar dirinya melalui bahasa visual dan pengembangannya. Bagi saya, mengamati pameran ini seperti melihat bagaimana kemudian para pelaku pameran mendeskripsikan apa yang dirasakan, seperti apa bentuk dirinya, dengan cara bercermin pada realita-realita sosial yang terhampar di hadapannya.


Karya-karya yang hadir kemudian dengan khas bercerita mengenai keterkekangan, mimik dan bentuk rupa manusia, hingga rutinitas yang bergulir dengan penuh makna pada tiap keseharian manusia. Setidaknya, ada seutas benang merah yang terlihat ketika mengamati Project #00. Permasalahan klasik yang selalu terasa romantis yang bercerita mengenai kesendirian dalam keramaian sepertinya masih menjadi isu seksi yang selalu memberi pesona ketika kita berbicara mengenai humanisme.


 
Ilustrasi yang digambarkan oleh Project #00 kemudian sepertinya tidak hendak mengingatkan akan keseharian. Ia justru seolah hendak semata memvisualkan apa yang baru saja kita alami. Mendatanginya, kemudian seperti mengalami ulang apa yang terjadi beberapa jam sebelum kita menikmatinya. Laksana pengalaman metafisis, pameran ini seakan mengajak para pengunjung yang mendatanginya untuk merasakan sensasi De Javu. Mengguratkan semacam catatan harian yang mungkin tak pernah tergurat oleh pena-pena pelihatnya karena perjumpaannya yang terlalu sering dengan apa yang dipaparkan oleh Project #00. Ya, pameran ini sepertinya hadir dan berhasil menjadi catatan harian bagi semua orang. Bagi saya dan bagi kamu.

3 komentar:

  1. kalo di surabaya, biasanya pameran seni rupa dan fotografi ada di Balai Pemuda dan Pusat Kebudayaan Perancis.

    Tapi sejak married, aku malah gak pernah lagi dateng kesana klo pas ada pameran :(

    http://ndutyke.tumblr.com

    BalasHapus
  2. .....berorientasi, merumuskan diri, serta merespon dunia di luar dirinya....

    wew, seperti yang kemarin aku bilang ke Putri 'Ojanto' --> 'discovering me is a lifetime journey'
    perlu pengalaman sepanjang hidup, berinteraksi dengan dunia luar sepanjang usia, untuk merumuskan diri sendiri.

    BalasHapus
  3. haloo! terima kasih sudah diliput

    Riksa

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails