8.10.10

Mengenal rajutan (4) (5): Benang (2)

lanjuuuut...

Ada beberapa istilah yang sering muncul kalau ngobrolin benang rajut, terutama kalau sumber bacaannya buku-buku bahasa Inggris. Apa tuh ply? Strand? Hank? Skein?
Di bawah ini saya coba jelasin tentang istilah yang sering muncul di perbenangrajutan

- Ply
adalah helaian yang menyusun benang. Seutas benang bisa terdiri dari 1 atau lebih helaian penyusunnya. Sebetulnya sih, jumlah ply nggak menentukan tebalnya. Itu tergantung ply-nya juga. Kalo 2 ply tapi yang satu gendut satu tipis atau dua-duanya gendut? Ya tetep tebel.
- Strand
adalah si benang itu kalo berdiri sendiri. Apa sih bahasa Indonesianya? Utasan benang?
Soalnya ada yang suka kebalik antara strand dan ply. Misalnya di pola disuruh merajut pake dua benang dirangkap, ada (orang Indonesia) yang bilang "pake 2 ply", padahal maksudnya "2 strand".
- Hank, skein, ball, cone
adalah macam-macam bentuk gulungan benang rajut yang dijual di pasaran. Ini lho bentuknya:

Struktur benang rajut tergantung teknik yang digunakan pada saat pemintalannya. Yang standar ya, disusun dari beberapa helai (ply!) yang seragam ketebalannya, dipintal dengan tarikan yang seragam. Yang tidak standar, nah...biasanya ini yang disebut fancy yarn.
Saya ngambil contoh dari website ini aja lah...sedikit aja yang ditulis di sini, buat gambaran kira-kiranya.
 -spiral
benang satu mengelilingi benang lainnya

-chenille
disusun dari dua benang dengan ketebalan relatif sama, yang dipintal kencang untuk mengikat barisan bulu-bulu halus seperti beludru. Benangnya halus dan licin sehingga agak sulit dirajut bagi pemula. (Psst...Gem, yang kamu bilang benangnya kayak suede itu, kayaknya chenille deh)
-boucle
dibuat dengan teknik memintal 2 benang dengan ketebalan dan tegangan yang berbeda, sehingga hasil akhirnya seperti benang yang bergumpal-gumpal.
Yang strukturnya mirip boucle juga adalah gimp dan loop.

- slubby, nubby, knop
Benang yang banyak "benjol"nya

- ribbon yarn
benang yang pipih seperti pita, tapi lebih tipis dan lentur (kalo pita kan kaku).

Jenis fancy yarns yang lain misalnya eyelash yarn (benang-benang tipis tapi berbulu panjang, seperti yang saya pake buat bikin Rajutan Tumbuh dulu), ladder yarn (bentuknya seperti tangga), beaded yarn (sudah ada payet-payetnya), dan masih banyak lagi...tergantung kreativitas yang bikin benang.

Okeh...segini dulu bagian 2. Bagian berikutnya nanti ngebahas yarn weight dan substitusi benang, soalnya bahasannya cukup panjang juga.


Knitting 101, rubrik khusus untuk mengetahui apapun tentang merajut. Persembahan klab merajut tobucil & klabs dan Dydy, pendiri milis mari_merajut, Perpustakaan Art & Craft Tobucil & Klabs dan merajut.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails