18.6.10

Mengenal Rajutan (3)

1. Apa bedanya hasil rajutan manual dan mesin?

Mesin rajut yang paling umum adalah knitting machine. Ada yang kelas home industry ada juga kelas pabrik. Kalo crochet machine setau saya cuma kelas pabrik, nggak ada yang kelas home industry.
Dari hasil rajutannya sebetulnya nggak ada bedanya sih, karena teknik yang digunakannya sama. Eh...nggak juga sih, ada yang beda kalo mesin rajut kelas pabrik (tergantung mesin rajutnya deh). Knitting machine kelas pabrik bisa melakukan dua jenis teknik knitting (cara dan arah mengambil tusukannya beda)--> weft (yang ini hasilnya persis handknitting) dan warp. Weft itu arah rajutnya horisontal, sesuai arah lebar rajutan. Warp, arah rajutnya vertikal, sesuai panjang rajutan. Udah lah ga usah dibahas....ini mah teknis banget....

Rajutan hasil mesin, pasti lebih rapi, karena tarikan benangnya konsisten. Rajutan tangan bisa juga sih, kalo si perajutnya jagoan. Terus, mesin lebih mampu merajut dengan benang-benang halus.
Jadi kalo saya sih patokannya, kalo hasil rajutannya halus banget (pake benang tipis) dan rapi, dan murah....itu berarti hasil mesin. Soalnya hasil rajutan yang sama dengan tangan, seharusnya harganya mahal....karena susah!!

2. Cepat mana, knitting atau crochet?

Crochet.

Sekarang kita belajar mengenali rajutan berdasarkan motif yang umum ditemukan di masing-masing teknik (knitting atau crochet).

a. knitting

1. Fair Isle
Fair Isle adalah teknik color knitting dengan motif-motif geometris, menggunakan 2 atau lebih warna dalam satu baris, di mana benang-benangnya berjalan bersama-sama. Teknik ini dinamakan begitu karena awal mulanya dari Fair Isle (Skotlandia).
Foto ini scarf-scarf Fair Isle dari OldNavy, murah...jadi pasti hasil mesin....hehehehe...soalnya fair isle knitting is not easy!


2. Jacquard

Dari teknik sih sama dengan Fair Isle. Yang beda motifnya. Kalo Fair Isle motifnya geometris, umumnya berbentuk XOXOX gitu. Kalo jacquard, motifnya lebih bervariasi. Contohnya...hehe.. sweaternya Aliefya.

3. Intarsia

Ini color knitting juga. Bedanya, benangnya nggak jalan bersama-sama antara warna satu dan lainnya, tapi terbagi jadi beberapa area. Biasanya motif-motifnya berukuran besar.

4. Cable


Pasti sering liat kan, sweater-sweater yang teksturnya bibirindilan seperti ini, bersilang-silang seperti kabel. Ya memang namanya cable knitting. Rajutan-rajutan yang banyak menggunakan cable di dunia knitting biasa disebut Aran knitting --> lagi-lagi, karena awal mulanya dari pulau Aran, Irlandia.
Btw, cable crochet juga ada, tapi nggak umum.
5. Lace
Ini nih...favorit saya. Lace knitting! Cirinya ya rajutan yang bolong-bolong. Banyak yang kecele membedakan hasil rajutan lace knitting dengan crochet. Untuk ngebedainnya memang harus diliat dari deket. Hasil knitting biasanya terlihat tusukan-tusukan knit dan purlnya..(baca postingan Mengenal Rajutan yang kedua). Kebaya saya juga hasil lace knitting.


Euh...kayaknya yang umum 5 ini yah...

b. crochet

1. Doily
Doilies atau taplak-taplak meja bundar ini seringnya hasil crochet.

2. Granny squares
Motif-motif kotak yang biasanya lalu disambung-sambung. Pokoknya sambung-menyambung motif itu umum di crochet. Pakaian pun sering terdiri dari motif-motif yang dikerjakan sendiri-sendiri lalu disambung-sambung.

3. Irish Crochet
Ini fine crochet lace....biasanya motifnya seputar bunga-bungaan.


4. Filet crochet
Motif-motif yang timbul di antara jaring-jaring.


Hmmm....apa lagi ya? Kayaknya segitu dulu pelajaran mengenal dan membedakan rajutan...kalo ada yang mau nambahin, silakan.

Knitting 101, rubrik khusus untuk mengetahui apapun tentang merajut. Persembahan klab merajut tobucil & klabs dan Dydy: pendiri milis mari_merajut, Perpustakaan Art & Craft Tobucil & Klabs dan merajut.com 

1 komentar:

  1. Mbak Tarlen, yg jacquard itu punya anaknya Teh Dydy ya/ kaya mengenali.hihihi. aku mau les rajut. sayang rumah kita jauh ya.

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails