18.2.10

Deer Andry

 

A solo exhibition of Andry Moch. Realized by his friends & family.
Bandung: Galeri S-14
Yogjakarta: Ruang MES 56

"Dia adalah supir yang baik, sapalah dengan bijak karena (ia) akan mengantarkan Anda sampai tujuan." (Teks stiker buatan Andry untuk angkot, Bandung 2001)

Tahun 2009 lalu,  untuk mengenang seniman muda penuh bakat, Andry Moch  (meninggal dunia Mei 2008), lebih dari 200 seniman di tiga kota (Bandung, Jakarta, Yogjakarta), terlibat dalam penyelenggaraan pameran Deer Andry. Pameran ini semacam Tribute to Andry yang selama ini dikenal dikalangan teman-teman, sebagai seniman multi talenta dan sangat rendah hati.  Karyanya seringkali terkesan sederhana dan 'banal', namun bukan berarti Andry menyederhanakan banyak hal dan mendangkalkan persoalan dalam karya-karyanya. Andry memiliki kemampuan untuk melihat kesederhanaan dalam kerumitan. Kerendahan hatinya mendorongnya mengajak penikmat karyanya ke dalam kedalaman dari kesederhanaan karya yang ia tampilkan. 

Dalam pengantar pameran, Sujud Danarto, Kurator, menulis bahwa sikap estetik Andry adalah memihak pada yang popular. Andry berusaha meyakinkan kepada penikmat karyanya akan pengalaman estetik dari sesuatu yang massal. Itu sebabnya karya-karyanya berusaha untuk lebih dekat karena kedekatan, keakraban dan keseharian yang ia representasikan.


 

Karya Agung Hujatnika Jenong untuk Deer Andry 

Pameran ini mengambil tema: Rusa, mengingat Rusa adalah salah satu binatang kesayangan Andry. Penyelenggara membuat undangan terbuka kepada teman-teman yang mengenal Andry untuk membuat sebuah karya dengan rusa sebagai objeknya, bisa dua dimensi atau tiga demensi. Ternyata bukan hanya teman-teman yang mengenal Andry yang kemudian terlibat dalam rangkaian pameran ini, tapi juga teman-teman lain yang tertarik dengan konsep pameran partisipatif ini pun dengan antusias mengirimkan karyanya. 

  
 Karya Agus Suwage untuk Deer Andry 

Menurut Herra Pahlasari, sahabat Andry sekaligus penanggung jawab program pameran ini, berharap pameran ini tidak hanya berhenti sampai pameran saja.  Ia ingin semua karya dalam program pameran Deer Andry ini, bisa didokumentasikan dalam bentuk buku. Herra berharap 2010 ini, buku  itu bisa diterbitkan. Semoga saja. 

Sebagai sebuah program pameran partisipatif, pameran ini tidak sekedar menjadi tribute belaka untuk mengenang Andry Moch, tapi juga mempertemukan banyak seniman di tiga kota untuk merespon satu tema tertentu dan memberi semangat untuk membuat program pameran partisipatif lainnya di kemudian hari. [tarlen

  

 

 Foto-foto pameran Deer Andry di MES 56, Yogjakarta,
  

1 komentar:

  1. Artikle yang sangat keren, semoga sukses selalu

    Ingin Liburan Ke karimun jawa dengan aman dan nyaman di karimunjawa ? Ingin Paket Wisata Karimunjawa dan gak murahan? Hubungi Kami "Raja Karimunjawa" biro lokal asli Karimun jawa . Untuk Book Paket Karimunjawa dan Tour Karimunjawa , silahkan hubungi kami karena kami biro karimunjawa dan trevel karimunjawa terpercaya. Paket wisata karimunjawa Murah tapi mewah, murah tapi gak murahan. Kepuasan Wisata Karimunjawa anda di pulau Karimunjawa adalah kebahagia'an dan tujuan kami. Terimakasih telah mempercayakan paket wisata karimunjawa bersama kami Agen Wisata Karimunjawa dan mebel jati jepara. silahkan Untuk booking paket lebaran karimunjawa dan paket tahun baru karimunjawa

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails