20.10.09

Runtuhkan Mitosnya, Lalu Mulai Craft Bisnismu Sendiri


Halaman ini di khususkan bagi teman-teman semua yang ingin memulai bisnis kecil-kecilan berdasarkan hobi dan hal yang teman-teman senangi. Saya percaya, ketika kita memulai sesuatu dengan suka cita, ketika mengalami kesulitan kita akan selalu punya energi untuk mengatasinya.Untuk itu, saya ingin memulai halaman ini dengan membongkar dulu  mitos-mitos yang selama ini seringkali menghambat kita dalam memulai craft bisnis yang kita idam-idamkan.

Meg Mateo Ilasco dalam bukunya Craft Inc. Turn Your Creative Hobby Into a Business menjelaskan ada 5 mitos yang selama ini membuat kita ragu menjadikan hobi atau keterarikan kita pada kegiatan craft, menjadi bisnis yang kita tekuni dengan serius.

Mitos 1. Untuk menjadi orang yang kreatif dan berjiwa seni, kita harus punya latar belakang pendidikan seni. Mitos ini tentu saja salah besar. Untuk menjadi seseorang yang kreatif dan punya kepekaan terhadap seni, kita bisa melatihnya dengan memelihara rasa ingin tau, belajar mengapresiasi keindahan sekecil apapun itu dan punya kesabaran untuk mempelajari teknik membuat sesuatu yang sederhana. Cara ini akan membuat kita memiliki kepekaan dan pengetahuan untuk merealisasikan gagasan-gagasan yang ada di kepala kita menjadi sebuah karya. Kesabaran untuk terus mencoba akan membimbing kita menemukan cara dan penguasaan teknik yang seringkali tidak kita bayangkan sebelumnya.

Mitos 2. Kita terlalu tua untuk memulai sesuatu yang kreatif dan memulai usaha berdasarkan kreativitas Kita. Ada kata-kata bijak yang mengatakan: 'tidak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu yang baik'. Pengalaman hidup dan pengetahuan tentang diri: mana yang kita sukai dan tidak kita sukai yang biasanya kita perolah di usia yang tidak lagi muda, justru sebuah keuntungan tersendiri. Kita malah bisa lebih bijak dengan kemampuan dan potensi yang kita miliki, sehingga kita bisa memulai usaha berdasarkan hobi ini dengan perencanaan dan target yang realistis dan tahu bagaimana menjalaninya dengan perasaan 'enjoy'. Jika kita memulainya di usia pensiun, keuntungan terbesarnya adalah kita punya cukup waktu untuk bereksperimen dengan kreativitas kita.

Mitos 3. Semua gagasan-gagasan hebat sudah keburu di ambil orang atau orang lain mampu mengerjakannya lebih baik daripada kita. Ketika kita mempercayai mitos ini, sama saja artinya kita menyerah sebelum bertanding, gagal sebelum mencoba. Beri waktu pada diri kita sendiri untuk menjadi seorang pemula dan mengembangkan potensi yang kita miliki serta menemukan gaya kita sendiri. Sehebat apapun seniman atau desainer ternama, mereka mulai sebagai pemula. Jadi jangan kecil hati. Percaya dengan kemampuan kreatif yang kita miliki justru akan menjadi pupuk yang baik bagi tumbuhnya gagasan ide-ide brilian yang ada di kepala kita.

Mitos 4. Kita harus keluar dari pekerjaan 'full time' untuk memberi lebih banyak waktu pada kegiatan craft yang kita tekuni. Tidak perlu seekstrim itu. Kita hanya butuh sedikit kedisiplinan untuk meluangkan  beberapa jam dalam sehari atau seminggu untuk kegiatan craft. Tidak perlu memulainya dengan proyek-proyek craft yang ambisius atau menyita banyak waktu dan tenaga. Mulailah dengan yang sederhana saja dan realistis dengan waktu dan energi yang kita miliki asal kita bisa berdisiplin dan berkomitmen pada waktu yang kita tetapkan sendiri. Setelah kedisiplinan itu terbangun, kita bisa mengevaluasi kembali peluang-peluang yang kemudian muncul dari kegiatan craft yang kita lakukan. Kita juga perlu berhitung dengan jaminan finansial yang kita miliki. Sekiranya, kegiatan craft yang kita tekuni belum bisa memberikan jaminan finansial yang memadai, kita tidak perlu melepaskan pekerjaan yang sudah kita miliki. Kita bisa memperlakukan kegiatan craft ini sebagai pekerjaan tambahan atau paruh waktu. Sebaliknya, jika kita rasa kegiatan craft ini ternyata bisa menjadi sandaran penghasilan yang lebih baik dan untuk itu membutuhkan waktu dan energi lebih banyak, kita bisa mempertimbangkannya untuk melepas pekerjaan kita atau bernegosiasi dengan tempat kerja lama untuk menjadi tenaga paruh waktu.

Mitos 5. Kita membutuhkan "waktu yang tepat" untuk memulai bisnis berbasis hobi. Hidup ini hanya sekali saja. Tidak akan pernah ada 'waktu yang tepat' jika kita tidak menemukan keyakinan bahwa inilah saatnya. Jadi buat apa lagi menunda-nunda. Mulailah sekarang juga.

Tarlen (http://designbyvitarlenology.blogspot.com)
Tanggapan mengenai halaman ini silahkan kirimkan ke alamat email saya: vitarlenology@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails