21.10.09

Handmade Nation The Rise of DIY, Art, Craft, and Design


 

Penulis: Faythe Levine dan Cortney Heimerl
Penerbit: Princeton Architectural Press www.papress.com
ISBN 978-1-56898787-3

Sebut saja Jenny Hart yang memberikan perspektif revolusioner dalam embroidery lewat Sublime Stitching. Stephanie Syjuco yang memproduksi produk clothing dengan tagline "Because Sweatshops Suck". Pada hari ini, dunia craft telah meleburkan batas-batas antara semangat Do It Yourself, ekplorasi teknik dan material, craft tradisional, seni modern, politik, feminisme dan ekspresi seni. Untuk itulah Faythe Levine melakukan perjalanan lebih dari 19.000 mile untuk mendokumentasikan  apa yang dilakukan para crafter, designer dan independen artist dan mendokumentasikannya dalam film dan buku yang luar biasa ini.


 

 

Sebuah buku yang bisa membangkitkan semangat kemandirian dan Do It Yourself, di tengah arus konsumerisme dan industrialisasi kreativitas. Buku ini dibuka oleh timeline perkembangan komunitas-komunitas "The New Wave of Craft" sejak tahun 1994 sampai 2007. Dua puluh empat sosok yang mewakili independen craft community, mulai dari Pantai Barat sampai Pantai Timur Amerika Serikat, diwawancarai dalam buku ini. Faythe mencoba menegaskan:
'Craft is what you make it. It is a labor of love, appreciation and respect. We are reshaping how people consume and interpret the handmade... DIY is not only a term we use, but a lifestyle we live.'





Lebih jauh tentang Handmade Nation: http://www.handmadenationmovie.com/

2 komentar:

  1. ini buku yang bikin aku penasaran dari pas kemarin meg hunt bilang dia lagi ngerjakan goodie bag buat handmade nation 2009...ternyata memang WOW SEKALIIII!!!!

    BalasHapus
  2. iya aku pengen banget dia bisa dateng ke Indonesia dan sharing sama kita semua soal handmade nation

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails