19.10.09

Manifesto The Men Who Knit



 Foto Dokumentasi Tobucil & Klabs

Siapa bilang merajut hanya monopoli kaum perempuan? Laki-laki juga ternyata memiliki sejarah panjang yang berhubungan erat dengan kebiasaan merajut. Dalam banyak tradisi, laki-laki melakukan kegiatan merajut ini sebagai aktivitas ekonomi yang lazim di lakukan. Misalnya dalam kebudayaan Timur Tengah, Peru, mereka membuat karpet, penutup kepala. Merujuk pada The Complete Encyclopedia of Stitchery yang ditulis oleh Mildred Graves Ryan, banyak sejarawan setuju bahwa tradisi merajut ini disebarkan oleh para pelaut Arab yang adalah laki-laki. Hanya saja, di dunia yang patriarkal ini dimana kerja domestik (termasuk juga aktivitas merajut), menyebabkan merajut menjadi identik dengan aktivitas para perempuan.

"The Men Who Knit" merupakan komunitas para laki-laki yang menekuni hobi merajut, mencoba mengembalikan kembali semangat merajut itu sebagai aktivitas yang lintas gender. Siapapun bisa melakukannya tanpa di batasi oleh jenis kelamin dan tentunya bagi para laki-laki ini, merajut selalu menjadi kegiatan yang menyenangkan.

 

Manifesto The Men Who Knit

pasal 1: cuci tangan sebelum merajut. jenis sabun untuk mencuci tangan tergantung dari pihak sponsor, usahakan tidak membeli sendiri.

pasal 2: kumpulkan keberanian dan percaya diri.

pasal 3: harus ikhlas, sabar. jika anda masih ragu-ragu maka kembali pada pasal 2.

pasal 4: siapkanlah suasana mendukung. bisa minum kopi atau teh atau dengankan musik.

pasal 5: harus riang kalau tidak nanti meriang.

pasal 6: pilih benang yang sesuai dengan selera. jika selera anda belum muncul atau berubah-ubah, berarti anda belum ikhlas. kembalilah pada pasal 3.


pasal 7: pilih stik rajut yang sesuai dengan selera. kalau masih belum selera juga, cobalah meminta maaf pada orang tua, keluarga anda, pacar anda, mantan-mantan anda, bahkan selingkuhan anda. barang kali masih ada dosa-dosa masa lampau yang disadari atau tidak belum dimaafkan.

pasal 8: mulailah merajut dengan pengetahuan yang dimiliki secara maksimal dan let's go CAST ON !!!!

pasal 9: perbanyak jaringan terutama yang jago merajut, jadi kalau menemukan kesulitan atau tidak bisa menutup alias cast away, bisa minta tolong.

pasal 10: perhatikan dengan sangat baik, tempat dimana anda akan merajut. usahakan di tempat terbuka, akan lebih baik bila banyak orang, karena ini akan membuka peluang anda untuk diliput media. sudah terbukti dengan sangat sukses!!


pasal 11: jika rajutan telah selesai, jangan lupa untuk pamer. fotolah karya anda, up load di internet atau minimal beritahu teman-teman anda. biar tambah eksis!!


pasal 12: dan tips paling utama dan terpenting adalah: JANGAN TAKUT NYANGKUT !!!

selamat merajut!!
para jeger the man who knit:
erie -si jangan takut nyangkut-
sam -yang sangat sambas-
moel -si mogu sigarantang-
rudi -si perajut ababil-
wiku -si penggembira-
adhi -si motoris rajuter-
syaraf maulini – si musikus galau-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails