29.10.09

Making Stuff An Alternative Craft Book



Pengatar: Victoria Woodcock
Black Dog Publishing www.bdpworld.com
ISBN 10: 1 904772 61 7

Sebuah buku menarik yang di tulis oleh para independen crafter dari berberapa negara seperti Canada, United Kingdom, United States of America, Australia yang terhubung satu sama lain lewat intenet. Victoria Woodcock yang menuliskan pengantar  untuk buku ini menyebutkan bahwa para para independen crafter ini menyemangati para crafter ini ingin mengajak para pembacanya keluar dari sekat-sekat keterbatasan material dan penguasaan teknik untuk memulai aktivitas craft mereka. Itu sebabnya karya-karya yang ditampilkan di sini cukup sederhana dan mudah untuk dikembangkan oleh para pembacanya. Semangat Do It Yourself menjadi utama disini.  Kamu tidak perlu menjadi jagoan secara teknis untuk memulai kegiatan craft mu.




 Dibuka dengan  penjelasan singkat mengenai bagaimana caranya merajut, 'felting' (mengolah wool menjadi bentuk-bentuk dua dan tiga demensi), teknik aplikasi, menjahit dan merenda. Setelah memberi penjelasan mengenai teknik-teknik dasar,  petunjuk cara membuat sesuatu dibagi dalam kategori fashion (Made to Measure: Clothing for the Discerning Crafter), perhiasan (All That Glitter: Jewellery To Complement The Look),  perlengkapan interior (Hipper Homes: Live Your Craft), Pernak pernik stationary (Sticks & Stoners & Ice Cream Cones: The Random Bits That Fills the Gaps) dan craft untuk anak-anak (Small Wonder: Things to Make for and with Kids). Pada bagian terakhir buku ini di lengkapi dengan Craft Web Directory.

 

Teknik dan material yang digunakan dalam buku ini, cukup sederhana dan mudah dipahami. Dengan memanfaatkan barang-barang yang ada dalam kehidupan sehari-hari, kita bisa memberi bentuk, fungsi dan nilai baru pada barang-barang yang seringkali dianggap tidak terpakai atau diinginkan lagi. Misalnya saja kaos dan baju bekas yang bisa berubah fungsi sebagai tali untuk meranjut dan merenda. Kita bisa memanfaatkannya menjadi keset atau kantong belanja dengan merajutanya. Atau mengubah  kantong kresek menjadi layang-layang,  payung rusak sebagai layar untuk pertunjukan shadow puppet. Ujung dasi juga bisa dimanfaatkan sebagai dompet dan benda-benda bekas lainnya yang bisa berubah fungsi menjadi benda baru dengan fungsi yang baru juga. Tujuan dari gagasan-gagasan ini, menurut Victoria sebagai bagian dari melawan konsumerisme yang kian hari kian parah. Jika masih bisa digunakan dan membuatnya sendiri, mengapa harus membeli.


 "Try different materials, different shapes. let your mind branch off in different directions.."
- Victoria Woodcock -
ini bisa kamu baca di Perpustakaan Art & Craft Tobucil & Klabs.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails