29.10.09

Ciptakan Sudut Bekerja yang Membuatmu Bersemangat Dan Terinspirasi


Untuk mulai membuat karya craftmu sendiri, sudut kerja atau tempat kerja, ternyata memiliki peran yang sangat besar. Tempat kerja yang nyaman dan membuat kita betah berlama-lama, akan melahirkan karya-karya yang kita kerjakan dengan sepenuh hati, 'made with passion.'  Masih dari Meg Mateo Ilasco, minggu ini ada beberapa tips untuk membuat sudut atau tempat kerja selalu bisa memberi kita inspirasi dan semangat.

1. Buatlah tempat kerja kita mencerminkan diri kita sendiri atau sesuai dengan karakter dan kepribadian kita. Kita bisa menatanya penuh warna atau juga minimalis.

2. Gantungkan sebuah papan inspirasi dimana kita bisa menempelkan foto, kliping, atau gambar-gambar yang dapat memberikan inspirasi saat kita bekerja dan membuat karya. Jangan segan untuk mengganti gambar-gambar tersebut sesuai dengan mood dan minat kita dalam berkarya.

3. Kelilingi diri kita dengan sesuatu yang indah dan menyenangkan misalnya: tanaman dalam pot atau benda-benda menarik lainnya. Singkirkan  hal-hal yang sekiranya dapat mengganggu kita dalam bekerja.

4. Penerangan yang cukup akan sangat membantu kita membangun mood dan memberikan inspirasi dalam bekerja, selain juga untuk kesehatan mata kita sendiri.

5. Tempat atau sudut  kerja berjendela dimana cahaya matahari dapat masuk dan menerangi saat kita bekerja, dapat membantu menambah energi dalam bekerja.

6. Bekerja diiringi musik kesukaan kita dapat membangun energi dan kreativitas kita.

7. Temani diri kita dengan secangkir teh herbal atau minuman segar atau air putih ketika sedang bekerja.

8. Simpanlah barang-barang yang kita butuhkan seperti alat tulis, kertas, peralatan jahit dan lainnya di tempat yang mudah terjangkau dan terorganisir. Kita tidak ingin membuang-buang waktu bukan, untuk mencari barang-barang yang kita perlukan.

9. Jika kita termasuk orang yang senang bekerja di tempat yang rapi, bersihkan terlebih dahulu sebelum kita memulai bekerja.

10. Meja kerja adalah hal yang cukup penting untuk mengakomodasi apa yang sedang kita kerjakan. Untuk itu pilihlah meja yang sesuai dan kursi yang ergonomis, sehingga kita bisa merasa nyaman saat bekerja. Tempat duduk dan meja kerja yang kurang nyaman biasanya membuat pekerjaan kita menjadi tidak efektif karena kita tidak betah berlama-lama.

11. Organisasikan tempat penyimpanan barang-barang kebutuhan kita dalam berkarya, seefisien mungkin. Jika kita termasuk yang senang dengan situasi meja yang 'berantakan' jangan sampai bahan baku untuk berkarya menjadi rusak meja kita yang berantakan. Penempatan bahan baku sesuai jenis dan karakter dalam tempat yang terorganisir akan menghemat waktu dan biaya saat kita membutuhkannya, karena kita tidak perlu membeli bahan baku yang baru akibat kusut atau rusak.



"selamat mengatur meja kerjamu.."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails